Motif gerak tari dril di Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang / Wiwid Pujiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Motif gerak tari dril di Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang / Wiwid Pujiono

Pujiono, Wiwid (2016) Motif gerak tari dril di Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang / Wiwid Pujiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pujiono Wiwid. 2016. Motif Gerak Tari Dril Di Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Wara Suprihatin Dyah P. M.Pd (II) Rully A. Zandra M.Sn M.Pd. Kata Kunci deskripsi motif gerak tari Dril Tari Dril ditarikan oleh Tandak yang menarikan gerak karakter putra dan putri namun dalam hal ini motif gerakkarakter putra lebih mendominasi daripada motif gerak karakter putri. Motif gerakkarakter putra ada delapan motifyanglincah dan tegas sedangkan motif gerak karakter putri hanya terdiri dari empat motifgerak yang diulang. Gerak lincah dan lincah pada tari Dril nampak dari perpindahan dan gerakan anggota tubuh penari. Penelitian ini memfokuskan terhadap pendeskripsian motif gerak karakter putra secara rinci. Pemilihan desa Dawuhan Lor karena didesa tersebut masih mempertahankan pakem gerak tari Dril yang diprakarsai oleh Anang Sakriadi dan masih belum dilakukan penelitian mengenai tarian tersebut.Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai deskripsi motif gerak tari Dril di desa Dawuhan Lor. Fokus penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan motif-motif gerak karakter putra yang terdapat pada tari Dril di desa Dawuhan Lor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dokumentasi dan observasi. Peneliti menjadi partisipan aktif dalam proses penelitian dan untuk memperoleh data yang valid dilakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik yang kemudian dilakukan tahapan analisis data mulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan paparan data dan analisis yang dilakukan maka diperoleh hasil penelitian yaitu motif gerakkarakter putra yang ada pada tari Dril yang pertama adalah motif sikap dasar yang dilakukan berdasarkan pose dari bagian anggota tubuh yang belum mengalami proses gerak atau diam. Kedua adalahmotif gerak dasar yang dilakukan berdasarkan tekukan dan putaran dari bagian anggota tubuh yang telah mengalami proses gerak. Ketiga adalah motif gerak penghubung terbangun dari motif sikap dasar dan motif gerak dasar yang digunakan sebagai singgetan tari Dril. Keempat merupakan motif gerak pokok yang dilakukan untuk memunculkan karakter putra berdasarkan motif yang membangun dan kelima adalahmotif gerak pengembangan tari Dril yang dilakukan dengan mengembangkan sikap dasar tangan dan kaki. Kesimpulannya bahwa motif gerak putra tari Dril terdiri dari lima motif yang saling berhubungan antara motif yang satu dengan lainnya. Saran dalam penelitian ini bagi instansi dan seniman yang terkait dengan kesenian yang ada di kabupaten Lumajang untuk mempelajari tari Dril mengenai patokan gerak. Bagi mahasiswa pada umumnya dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya mengenai dinamika gerak pola hitungan dan irama yang ada pada tari Dril.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13671

Actions (login required)

View Item View Item