Enhancing the informatics engineering students' ability in writing a descriptive paragraph using ProWritingAid and teacher feedback / Meilisa Sindy Astika Ariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Enhancing the informatics engineering students' ability in writing a descriptive paragraph using ProWritingAid and teacher feedback / Meilisa Sindy Astika Ariyanto

Ariyanto, Meilisa Sindy Astika (2019) Enhancing the informatics engineering students' ability in writing a descriptive paragraph using ProWritingAid and teacher feedback / Meilisa Sindy Astika Ariyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ariyanto Meilisa Sindy Astika. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dengan ProWritingAid dan Umpan Balik dari Guru. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd (II) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Kata Kunci Automated Writing Evaluation ProWritingAid Umpan Balik Guru Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Adanya masalah terkait dengan sesi umpan balik guru (teacher feedback) dan kemampuan mahasiswa dalam menulis paragraf deskriptif telah menjadi alasan utama dalam melakukan penelitian ini. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pengajaran yang efektif menggunakan ProWritingAid dan umpan balik guru untuk memecahkan masalah di kelas dan meningkatkan kemampuan mahasiswa Teknik Informatika untuk menulis paragraf deskriptif. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu lima minggu atau lima pertemuan yang dinyatakan sebagian satu kali siklus PTK. Selama proses penelitian peneliti berkolaborasi seorang dosen yang mengajar kelasnya. Partisipan adalah 33 mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Malang. Implementasi ProWritingAid dan umpan balik guru dalam penelitian ini dikembangkan menggunakan pendekatan Genre Based. Implementasi strategi tersebut diarahkan dalam lima pertemuan yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap BKoF (Building Knowledge of the Field) dan MoT (Modeling of the Text) dalam pertemuan pertama tahap JCoT (Joint Construction of the Text) pada pertemuan kedua dan tahap ICoT (Independent Construction of the Text) dalam pertemuan ketiga dan keempat. Sementara itu pertemuan kelima digunakan sebagai tes. Strategi utama yang digunakan mencakup penggunaan ProWritingAid dan umpan balik guru dalam tahap JCoT dan ICoT di mana ProWritingAid digunakan sebelum dan atau setelah umpan balik guru diberikan. Program ini digunakan untuk memberikan umpan balik dan memperbaiki kesalahan mahasiswa dalam tata bahasa mekanika atau kosa kata bahasa Inggris. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari prestasi mahasiswa dalam tes menulis paragraf deskriptif dan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan ProWritingAid dan umpan balik guru di kelas. Oleh karena itu writing prompt untuk tes dan kuesioner digunakan sebagai untuk mendapatkan data yang diperlukan. Berdasarkan analisis tes prestasi ditemukan bahwa strategi yang telah diterapkan tersebut berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa Teknik Informatika dalam menulis paragraf deskriptif. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari nilai mahasiswa di setiap kriteria penulisan (organisasi konten tata bahasa kosakata dan mekanik) yang telah melampaui hasil yang diharapkan. Selebihnya tanggapan mahasiswa terhadap penerapan ProWritingAid dan umpan balik guru sangat positif. Ada rata-rata 32 mahasiswa (98%) yang memberikan tanggapan positif pada pernyataan di item skala Likert dan 33 mahasiswa (100%) memilih untuk menggunakan ProWritingAid dan umpan balik guru untuk diimplementasikan di kelas. Bagian isian dari kuesioner juga menunjukkan beberapa temuan penting dari kelebihan dan kekurangan strategi yang telah diimplementasikan. Kekurangan dari strategi yaitu termasuk didalamnya kelemahan ProWritingAid untuk mendeteksi kesalahan yang mahasiswa buat dalam menulis dan kegagalan ProWritingAid untuk membantu mahasiswa yang memiliki kemampuan mengkonstuksikan kalimat yang buruk. Di atas segalanya strategi ini dipandang positif karena dapat memberikan dua hal terbaik yang mahasiswa bisa dapatkan dari dua teknik pemberian feedback atau umpan balik. Pertama ProWritingAid membantu mahasiswa untuk mendeteksi belajar dan memperbaiki kesalahan penulisan bahasa Inggris yang mereka buat. Kedua strategi tersebut membantu mahasiswa merevisi aspek isi dan organisasi paragraf deskriptif melalui umpan balik guru. Dengan strategi ini peneliti dapat menjelaskan alasan atas mengapa dan bagaimana peningkatan mahasiswa dalam menulis dapat terjadi. Akhirnya beberapa saran untuk guru bahasa Inggris peneliti dan pengembang ProWritingAid juga disebutkan. Salah satu saran untuk guru bahasa Inggris dan penelitian yang akan datang adalah untuk tidak menggunakan ProWritingAid untuk mahasiswa dengan kemampuan bahasa Inggris yang rendah karena ProWritingAid tidak bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu mahasiswa yang memiliki kemampuan buruk dalam mengkonstruksikan kalimat. Dengan demikian para mahasiswa diharapkan untuk menguasai dasar dari grammar atau tata bahasa Inggris. Untuk pengembang ProWritingAid penelitian ini disarankan untuk digunakan sebagai referensi penting dalam mengembangkan atau memperbarui program tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/136687

Actions (login required)

View Item View Item