Makna simbolis ragam gerak tari oglor di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Dwi Luki Prabawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolis ragam gerak tari oglor di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Dwi Luki Prabawati

Prabawati, Dwi Luki (2016) Makna simbolis ragam gerak tari oglor di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Dwi Luki Prabawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Prabawati Luki. 2016. Makna Simbolis Ragam Gerak Tari Oglor Desa Wonokarto Kabupaten Pacitan. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Hartono S. Sn M. Sn Kata kunci makna simbolis ragam gerak tari oglor Pacitan Kabupaten Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam dan mempunyai banyak kesenian kesenian yang berkembang di kabupaten Pacitan salah satunya adalah seni Oglor. Alasan penelitian ini dilakukan karena ragam gerak tari Oglor memiliki keunikan yang ada di dalamnya gerakan tarinya tersusun dari gerak sederhana yang diulang-ulang namun dengan gerakan yang sederhana tersebut menjadi sebuah ciri khas dari gerak tari Oglor yang tidak dimiliki oleh tarian lain di daerah Pacitan. Selain keunikan tersebut di dalam ragam gerak tari Oglor terdapat makna yang mengandung pesan moral tidak hanya dari gerak tarinya tetapi musik dan tembang-tembang yang dibawakan juga mendukung makna tari. Dengan memahami makna simbolis ragam gerak tari Oglor akan membantu setiap pelaku seni untuk bisa menari dengan ekspresi dan penghayatan yang baik karena ragam gerak tari Oglor memiliki makna serta nasehat baik dalam segi agama dan sosial. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan makna simbolis yang terdapat pada ragam gerak tari Oglor di kabupaten Pacitan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan selama dan setelah proses penelitian yang dimulai dari tahap pengumpulan data tahap reduksi tahap penyajian data serta tahap penarikan simpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makna simbolis ragam gerak Tari Oglor mengajak umat untuk merasuk agama Islam (makna religi) yang terdapat pada ragam gerak jalan dan salam awal makna kepahlawanan tergambar pada ragam gerak silat serta yang terakhir makna sosial yang terdapat pada ragam gerak oglor dan tepuk bumi langit. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa makna simbolis ragam gerak secara garis besar yakni mengajak umat untuk merasuk agama Islam yang terdapat pada ragam gerak jalan dan salam awal makna simbolis kepahlawanan tergambar pada ragam gerak silat serta yang terakhir makna simbolis untuk menghormati leluhur dan menjaga kehidupan sosial terdapat pada ragam gerak oglor dan tepuk bumi langit. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan untuk menjadi perhatian dan pemahaman terutama para guru tari untuk menyampaikan makna simbolis di dalam satu gerak tari kepada siswa seperti pentingnya menghormati leluhur menjaga silaturahim serta beriman kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13668

Actions (login required)

View Item View Item