Refleksi peran ayah dalam menghadapi kehamilan pranikah remaja putri/ Ferry C. Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Refleksi peran ayah dalam menghadapi kehamilan pranikah remaja putri/ Ferry C. Nugroho

Nugroho, Ferry C. (2016) Refleksi peran ayah dalam menghadapi kehamilan pranikah remaja putri/ Ferry C. Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyo Nugroho Ferry. 2015. Refleksi Peran Ayah dalam Menghadapi Kehamilan Pranikah Remaja Putri. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd Kata Kunci Karya Tari Tari Ayah Refleksi Peran Ayah Kehamilan Pranikah Peran orang tua dalam perkembangan anak sangatlah penting. Karena orang tua dan keluarga merupakan lingkungan sosial yang pertama dikenal anak. Orang tua dan keluarga juga merupakan lembaga paling utama dan pertama yang bertanggung jawab ditengah masayarakat dalam menjamin kesejahteraan sosial dan kelestarian biologis anak. Namun tidak dapat dipungkiri kurangnya pengawasan orang tua dalam pergaulan anak dapat menyebabkan anak mencari kesibukan di luar rumah. Sangat mengkhawatirkan apabila anak terjerumus dalam pergaulan bebas dan mendorong anak untuk melakukan perilaku seksual dan sampai terjadinya kehamilan pranikah. Jika seorang anak mengalami kehamilan pranikah yang menanggung beban moral pertama adalah ayah.Oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat sebuah karya tari mengenai seorang ayah yang menghadapi kejadian tersebut. Skripsi Penciptaan ini bertujuan untuk 1) Menyusun karya tari peran ayah dalam menghadapi kehamilan pranikah remaja putri 2) mendokumentasikan karya tari peran ayah dalam menghadapi kehamilan pranikah remaja putri. Metode penciptaan pada karya tari ayah menggunakan tahapan Ekplorasi Eksperimentasi Forming dan Composing. Pada penciptaan karya tari ayah menggunakan gerak tradisional dipadukan dengan dasar tari ballet. Selain itu juga dasar gerak yang digunakan adalah gerak keseharian yang sudah distirilisasi sehingga menjadi gerakan tari. Sumber materi musik yang digunakan adalah musik tradisional jawa dipadukan dengan instumen Kalimantan dan musik diatonis. Berdurasi 30 menit dibagi menjadi 3 adegan menggunakan 3 penari dengan pembagian karakter Ayah Anak perempuan dan kekasih dari anak. Menggunakan mode representasional dengan panggung arena. Penari menggunakan tata rias minimalis tata busana dan property berupa Koran dan testpack. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan akan muncul karya-karya penciptaan yang lebih baik lagi. Baik dari segi konsep gerak musik tata sinar artistik tata rias property dan yang terutama adalah esensi. Lebih berani lagi mencoba dan bereksperimen hal-hal baru dalam sebuah koreografi maupun pertunjukan. Setiap proses akan menghasilkan baik secara wawasan sosial maupun religi. Jangan takut untuk berbuat membuat dan menjadi kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13666

Actions (login required)

View Item View Item