Penerapan metode make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pemahaman tari kresai di kelas VIII-F SMP Negeri 10 Madiun / Novia Rindyana Alvionita Sari Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pemahaman tari kresai di kelas VIII-F SMP Negeri 10 Madiun / Novia Rindyana Alvionita Sari Putri

Putri, Novia Rindyana Alvionita Sari (2016) Penerapan metode make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pemahaman tari kresai di kelas VIII-F SMP Negeri 10 Madiun / Novia Rindyana Alvionita Sari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Novia Rindyana Alvionita Sari. 2016. Penerapan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pemahaman Tari Kreasi di Kelas VIII-F SMP Negeri 10 Madiun. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Iriaji M. Pd (2) Wida Rahayuningtyas S. Pd M. Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Motivasi Belajar Metode Make A Match Tari Kreasi Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Seni Budaya bidang Studi Seni Tari kelas VIII-F SMP Negeri 10 Madiun diketahui bahwa pemahaman belajar materi tari kreasi masih dibawah SKM (75) dan motivasi belajar siswa masih rendah karena tidak adanya variasi metode dari guru sehingga membuat siswa jenuh dan tidak memperhatikan ketika pelajaran berlangsung. Penerapan Metode Make A Match dirasa mampu untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan Metode Make A Match kelas VIII-F SMP Negeri 10 Madiun (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Make A Match kelas VIII-F SMP Negeri 10 Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanankan dalam 2 siklus tindakan dengan jumlah 30 siswa. Pelaksanaan PTK meliputi empat tahap yaitu (1) Planning (2) Acting (3) Observing (4) Reflecting. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi angket tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data kuantitatif deskriptif dan di dukung data kualitatif. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti terlibat langsung pada proses penelitian dari awal hingga berakhirnya penelitian dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketercapaian motivasi belajar pada siklus I dengan presentase 63 6% dan meningkat menjadi 80 5% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siklus 1 ke siklus II sebesar 26 9%. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari presentase nilai rata-rata tes akhir setiap siklus yaitu dari siklus I ke siklus II masing-masing dengan presentase 40% siswa yang tuntas dengan jumlah 12 siswa dan meningkat dengan presentase 76 7% siswa yang tuntas dengan jumlah 23 siswa.Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 36 2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi tari kreasi. Berdasarkan hasil penelitian ini Penerapan Metode Make A Match dapat dijadikan alternatif pertimbangan dalam penggunaan variasi metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13664

Actions (login required)

View Item View Item