The effect of flipped classroom model on Indonesian EFL students' writing achievement across cognitive styles / Ahsin Fahmi Mubarok - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of flipped classroom model on Indonesian EFL students' writing achievement across cognitive styles / Ahsin Fahmi Mubarok

Mubarok, Ahsin Fahmi (2019) The effect of flipped classroom model on Indonesian EFL students' writing achievement across cognitive styles / Ahsin Fahmi Mubarok. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mubarok AhsinFahmi. 2019. PengaruhPenerapan Flipped Classroom Model TerhadapCapaianBelajar Writing Mahasiswa Indonesia LintasTipeKognitif. Tesis. PendidikanBahasaInggris Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. BambangYudiCahyono M.Pd. M.A. Ph.D. (2) Dr. UtariPrabaAstuti M.A. Keywords TipeKognitif EFL Students Flipped Classroom CapaianWriting Dari banyak riset yang telah dilakukan untuk meneliti efektivitas model flipped classroom terhadap capaian writing mahasiswa di Indonesia masih belum diketahui bagaimana cara belajar mahasiswa dengan tipe kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI) pada model kelas ini. Ketika tipe kognitif dilibatkan dalam pengajaran writing menggunakan model flipped classroom dimana terdapat faktor-faktor psikologis capaian belajar mahasiswa mungkin dapat berbeda. Berdasarkan faktor tersebut diatas penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) meneliti capaian writing mahasiswa yang belajar menggunakan model flipped classroom dan pengajaran tradisional (2) meneliti capaian writing mahasiswa yang belajar writing menggunakan model flipped classroom lintas tipe kognitif dan (3) meneliti apakah ada interaksi dalam capaian writing dan tipe kognitif mahasiswa yang belajar menggunakan model flipped classroom dan pengajaran tradisional. Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental faktorial dengan melibatkan 58 mahasiswa Indonesia. Mahasiswa tersebut dibagi menjadi kelas A (sebagai kelas eksperimen) and kelas B (sebagai kelas kontrol). Sebelum pengajaran dilakukan kedua kelompok diberikan Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk menentukan tipe kognitif mereka. Setelah itu kedua kelompok diberikan pre-test untuk mengukur kemampuan awal mereka dalam writing sebelum pengajaran dan post-test untuk mengetahui capaian writing mereka setelah pengajaran. Hasil dari tes-tes diatas dianalisis menggunakan beberapa uji statistik di SPSS. Dari hasil analisis terungkap bahwa skor rata-rata dari kelas eksperimen lebih tinggi dan signifikan secara statistik daripada mahasiswa di kelas kontrol (p-value 0 016). Hal ini menandakan bahwa mahasiswa belajar writing lebih maksimal dengan model flipped classroom daripada pengajaran tradisional. Selain itu penelitian ini juga mengungkap bahwa mahasiswa merespon penerapan flipped classroom secara berbeda tergantung pada tipe kognitif mereka. Mahasiswa bertipe FI lebih unggul daripada mahasiswa dengan tipe FD yang tercermin dari skor rata-rata mereka yang lebih tinggi (nilai p 0 000). Terakhir dari penelitian ini diketahui bahwa ada interaksi yang signifikan antara capaian menulis mahasiswa dan tipe kognitif mereka ketika mereka belajar writing dalam model flipped classroom dan pengajaran tradisional. Hasil analisis statistik dengan sangat meyakinkan menunjukkan bahwa ketika nilai mahasiswa dari kedua kelompok dibandingkan sesuai dengan tipe kognitif mereka baik mahasiswa bertipe FD dan FI belajar writing lebih baik menggunakan model flipped classroom. Berdasarkan hasil di atas sangat disarankan bagi guru untuk menggunakan flipped classroom sebagai model alternatif untuk mengajar writing. Sekolah juga disarankan untuk memberikan dukungan yang maksimal dengan menyediakan fasilitas yang memadai untuk menjalankan model flipped classroom dengan menyediakan teknologi yang memadai dan koneksi internet yang cepat di area sekolah. Yang terakhir peneliti yang mempunyai ketertarikan dalam topik ini disaranan untuk melakukan penelitian pengembangan kegiatan pembelajaran untuk sesi belajar online yang mengakomodasi kebutuhan gaya belajar mahasiswa FD. Mereka juga disarankan untuk melaksanakan penelitian yang identik dengan melibatkan kelompok mahasiswa yang berbeda dan dalam konteks pembelajaran yang berbeda karena memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/136639

Actions (login required)

View Item View Item