Makna simbolis gerak tari Hambangan Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Sari Zikin Iswara - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolis gerak tari Hambangan Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Sari Zikin Iswara

Iswara, Sari Zikin (2016) Makna simbolis gerak tari Hambangan Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Sari Zikin Iswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iswara Sari Zikin. 2016. Makna Simbolis Gerak Tari Hambangan Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. A. G. Rai Arimbawa M.Sn (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si Kata Kunci Makna simbolis Ragam gerak Tari Hambangan. Tari Hambangan merupakan tari tradisional yang ditampilkan dalam upacara petik laut di desa Mlaten kecamatan Nguling kabupaten Pasuruan dan diselenggarakan pada setiap tanggal 14 Suro. Tari Hambangan ditarikan oleh 12 penari perempuan dan 14 penari laki-laki yang dalam hal ini mengandung simbol waktu pertunjukan tari Hambangan. Usia penari tari Hambangan ialah empat puluh tahun ke atas hal tersebut berkaitan dengan penjiwaan dan penghayatan yang tepat sehubungan dengan fungsi tari Hambangan sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas panen ikan yang melimpah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan makna simbolis gerak tari Hambangan kecamatan Nguling kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrument utama. Data penelitian ini berlokasi di desa Mlaten kecamatan Nguling kabupaten Pasuruan. Narasumber dalam penelitian ini adalah Suntono selaku cucu koreografer tari Hambangan Minaji selaku seniman tari Hambangan dan Abdul Rochman selaku seniman tari Hambangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan temuan dilakukan kegiatan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang makna simbolis gerak tari Hambangan kecamatan Nguling kabupaten Pasuruan bahwa tari Hambangan memiliki lima gerak yang mengandung makna simbolis. Makna simbolis tersebut dibagi menjadi dua yakni makna religi dan makna sosial. Makna religi yaitu makna yang berkaitan dengan Tuhan Yang Maha Esa terdapat pada gerak Kembangan Asembah. Makna sosial yaitu berkaitan dengan gotong royong sabar dan perputaran roda kehidupan tergambar pada gerak Tarik layar Sapok angin dan Aguling praoh. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar masyarakat desa Mlaten dan para generasi muda agar menumbuhkan rasa cinta terhadap tari Hambangan. Peneltian ini juga bermanfaat bagi pembelajaran siswa bahwa belajar makna simbolis dalam gerak tari penting karena dalam gerak suatu tarian terdapat makna atau pesan yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item