Peningkatan hasil belajar seni tari menyususn sinopsis tari kreasi tunggal melalui metode kooperatif model think pair share pada kelas X-Pemasaran SMK Ahmad Yani Gurah Kabupaten Kediri / Jamil Malika Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar seni tari menyususn sinopsis tari kreasi tunggal melalui metode kooperatif model think pair share pada kelas X-Pemasaran SMK Ahmad Yani Gurah Kabupaten Kediri / Jamil Malika Ulum

Ulum, Jamil Malika (2016) Peningkatan hasil belajar seni tari menyususn sinopsis tari kreasi tunggal melalui metode kooperatif model think pair share pada kelas X-Pemasaran SMK Ahmad Yani Gurah Kabupaten Kediri / Jamil Malika Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulum Jamil Malika. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Seni Tari Menyusun Sinopsis Tari Kreasi Tunggal Melalui Metode Kooperatif Model Think Pair Share pada Kelas X-Pemasaran SMK Ahmad Yani Gurah Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd (II) Rully A Zandra M.Sn M.Pd. Kata Kunci Hasil belajar seni tari sinopsis tari kreasi TPS SMK Kediri. Data awal yang diperoleh diketahui bahwa hasil belajar seni tari menyusun sinopsis tari kreasi siswa kelas X-Pemasara SMK Ahmad Yani Gurah belum mencapai KKM. Penyebab rendahnya nilai siswa yaitu guru belum menggunakan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan. Upaya yang dilakukan adalah menggunakan strategi atau model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik masalah. Peneliti menggunakan metode kooperatif model TPS sesuai karakteristik permasalahan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar seni tari menyusun sinopsis tari kreasi tunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode kooperatif model TPS yang dapat meningkatkan hasil belajar menyusun sinopsis tari kreasi tunggal berdasarkan tari Nusantara pada siswa kelas X-Pemasaran di SMK Ahmad Yani Gurah Kediri. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode penelitian PTK mengacu pada model siklus oleh Arikunto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan evaluasi dan refleksi dengan menggunakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan siklus I nilai rata-rata ranah afektif 88 3 dan kognitif 67 8 sedangkan nilai ketuntasan belajar secara klasikal ranah afektif 80 5% dan kognitif 20 7%. Ketercapaian guru dalam menerapkan metode kooperatif model TPS sebesar 84 37%. Siklus II nilai rata-rata ranak afektif 94 2 dan kognitif 87 sedangkan nilai ketuntasan belajar ranah afektif 91 5% dan kognitif 90%. Ketercapaian guru dalam menerapkan metode kooperatif model TPS sebesar 93 75%. Indikator ranah afektif yaitu jujur disiplin dan tanggungjawab. Indikator ranah kognitif yaitu pengertian tujuan tahapan menyusun contoh dan membuat sinopsis tari kreasi tunggal. Siswa dikatakan tuntas belajar jika mendapat skor 75 atau di atas 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode kooperatif model TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyususn sinopsis tari kreasi berdasarkan tari Nusantara. Hasil yang dicapai yaitu hasil belajar nilai rata-rata dan nilai ketuntasan siswa yang meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13660

Actions (login required)

View Item View Item