Pembelajaran seni karawitan Jawa pada mata pelajaran seni budaya di SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar / Damai Abadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran seni karawitan Jawa pada mata pelajaran seni budaya di SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar / Damai Abadi

Damai, Abadi (2016) Pembelajaran seni karawitan Jawa pada mata pelajaran seni budaya di SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar / Damai Abadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abadi Damai. 2015. Pembelajaran Seni Karawitan Jawa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra Ida Siti Herawati M.Pd (2) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Pembelajaran Karawitan SMA. Pembelajaran seni karawitan Jawa banyak memberikan pelajaran kepada siswa seperti keterampilan dalam memainkan gamelan sikap dalam memainkan gamelan belajar berkonsentrasi dan bekerja sama.SMA Katolik Diponegoro merupakan sekolah swasta di Kota Blitar yang menerapkan seni karawitan Jawa sebagai materi pelajaran seni musik dalam mata pelajaran Seni Budaya. SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar juga rutin mempergelarkan pertunjukan musik dan tari tradisional setiap tahunnya. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran seni karawitan Jawa (2) pelaksanaan pembelajaran seni karawitan Jawa dan (3) evaluasi pembelajaran seni karawitan Jawa pada mata pelajaran Seni Budaya di SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru Seni Budaya bidang seni karawitan Jawa. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan guru terdiri dari silabus dan rencana pelaksanaan pembelaran yang mengacu pada kurikulum KTSP. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan metode pembelajaran ceramah demonstrasi dan praktik media pembelajaran seperangkat gamelan dan notasi gendhing serta melakukan usaha pengelolaan kelasdengan memahami karakter setiap siswa agar pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran mengacu pada tiga aspek yaitu afektif kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) SMA Katolik Diponegoro agar konsistensi pada penggunaan kurikulum untuk kegiatan intrakulikuler atau kegiatan ekstrakulikuler. (2) Guru untuk menyusun perangkat pembelajaran lebih lengkap dan memahami prosedur dalam proses pembelajaran seni karawitan Jawa agar dapat menjadikan sebagai evaluasi untuk pembelajaran selanjutnya. (3) Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik untuk melakukan penelitian pembelajaran seni karawitan Jawa di instansi lain daerah lain atau jenjang sekolah yang lain misalnya SD dan SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item