Pembelajaran keyboard untuk anak autis dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMPLB YPAC Kota Malang / Dhivia Indra Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran keyboard untuk anak autis dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMPLB YPAC Kota Malang / Dhivia Indra Lestari

Lestari, Dhivia Indra (2016) Pembelajaran keyboard untuk anak autis dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMPLB YPAC Kota Malang / Dhivia Indra Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Dhivia Indra. 2015. Pembelajaran Keyboard Untuk Anak Autis Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMPLB YPAC Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin D.P M.Pd (2) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Keyboard Ekstrakurikuler SMPLB YPAC Malang. Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) merupakan satu-satunya yayasan yang menerima anak autis sekaligus mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keyboard di sekolah. Pembelajaran keyboard pada kegiatan ekstrakurikuler SMPLB YPAC guru berupaya untuk menterapi siswa guna menjadikan siswa lebih baik dalam hal berkomunikasi terhadap lingkungannya. Hal ini menjadi alasan peneliti untuk menggali lebih dalam proses pembelajaran keyboard untuk anak autis. Pembelajaran keyboard pada kegiatan ekstrakurikuler tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan daya konsentrasi serta motorik halus mereka. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Mendeskripsikan proses pembelajaran keyboard untuk anak autis pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPLB YPAC Kota Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data di mulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan guru ekstrakurikuler guru musik yayasan dan guru matapelajaran umum dan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen perangkat pembelajaran berupa program kegiatan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah Proses pembelajaran keyboard yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan oleh guru adalah menyusun program kegiatan menentukan sumber referensi menetapkan materi menentukan target pembelajaran dan menentukan waktu pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran keyboard guru menerapkan metode ceramah demonstrasi dan drill sedangkan metode ARCS digunakan guru di setiap pengelolaan kelas. Kegiatan penilaian dan evaluasi pembelajaran guru melakukan sesuai dengan kriteria penilaian yakni fingering dan penguasaan materi lagu sedangkan guru akan mengevaluasi di akhir penilaian guna untuk memotivasi dan memberi tahukan batas kemampuan serta perkembangan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada 1) Kepala sekolah agar dapat memberikan dukungan berupa kelengkapan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler keyboard. 2) Guru lebih intensif dalam proses pembelajarannya serta memahami berbagai kesulitan belajar anak. 3) Mahasiswa PSTM agar melakukan penelitian pembelajaran ekstrakurikuler keyboard untuk anak autis dengan materi pembelajaran yang lain atau jenjang yang lebih tinggi misalnya SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item