Meningkatkan keterampilan menari dan motovasi belajar tari kreasi siswa kelas VIII-I SMP Negeri 3 Singosari dengan menggunakan metode drill / Nefria Lelyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menari dan motovasi belajar tari kreasi siswa kelas VIII-I SMP Negeri 3 Singosari dengan menggunakan metode drill / Nefria Lelyana

Lelyana, Nefria (2016) Meningkatkan keterampilan menari dan motovasi belajar tari kreasi siswa kelas VIII-I SMP Negeri 3 Singosari dengan menggunakan metode drill / Nefria Lelyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lelyana Nefria. 2014. MeningkatkanKeterampilanMenari Dan MotivasiBelajarTariKreasiSiswaKelas VIII-I SMP Negeri 3 SingosariDenganMenggunakanMetodeDrill. Skripsi JurusanSeni Dan Desain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ida SitiHerawati M.Pd (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci KetrampilanMenari MotivasiBelajar MetodeDrill SeniBudaya BerdasarkanhasilobservasipadapembelajaranSeniBudayabidangstudiSeniTarikelas VIII-I SMP Negeri 3 Singosari diketahuibahwaketerampilanbelajartarikreasimasih di bawah SKM (80) danmotivasibelajarsiswamasihrendah. Hal initerlihatdarikurangantusiasdankurangbersemangatdalammelakukanpraktikmenari sehinggahasilbelajarsiswamasihbanyak yang di bawah SKM.PenerapanMetodeDrill dirasamampuuntukmemecahkanmasalahtersebut. Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan (a) Peningkatanketerampilanmenari (b) Peningkatanmotivasibelajarmenarisiswakelas VIII-I SMP Negeri 3 SingosarimelaluipenerapanMetodeDrill. Penelitian yang digunakanadalah PTK (PenelitianTindakanKelas) denganjumlah 33 siswa.Pelaksanaannyadilakukandalam 2 siklusyaituSiklus I danSiklus II.Prosedurpenelitianmeliputi 4 tahapyaitu (1) Planning (2) acting (3) observasing(4) reflecting.Untukmengukurketerampilanmenarimenggunakanlembarpenilaiandenganindikator (1) melakukanragamgeraktarisecaratepat (2) melakukanragamgerakdenganhitungansecaratepat (3) melakukanragamgerakdenganpolalantaiberpasangan (4) melakukanragamgerakdenganpolalantaisesuaidenganmusikiringantari. Untukmengukurmotivasimenggunakaninstrumenangketdengan 13 pertanyaan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklus I siswa yang mencapainilai SKM (80) sejumlah 13 siswadenganprosentase 39 4% dansiswa yang mencapainilai SKM (80) sejumlah 20 siswadenganprosentase 60 6%. Olehkarenaitudilakukansiklus II.Padasiklus II siswa yang mencapainilai SKM (80) sejumlah 27 siswadenganprosentase 81 8% dansiswa yang mencapainilai SKM (80) sejumlah 6 siswadenganprosentase 18 2%. Berdasarkanhasilangketmotivasibelajardiperolehskor 80 1 setelahdilakukanpenerapanMetodeDrilldalampelajaranSeniBudayabidangstudiSeniTari. Saran dalampenelitianiniadalah (1) Bagi Guru SeniBudayadapatmenjadikanMetodeDrillsebagaisalahsatualternatifmetodeyang dapatdigunakanpadapembelajaranSeniBudaya (2) Bagisiswa dapatlebihmeningkatkanmotivasibelajaruntukmendapathasilbelajar yang maksimal (3) BagimahasiswapendidikanSeniTaridanMusik dapatdigunakansebagaibahanmasukantentangPenelitianTindakanKelastentangpemilihanmetodepembelajaran (4) BagiUniversitasNegeri Malang DigunakansebagaibahanreferensitentangPenelitianTindakanKelaspadamatapelajaranSeniBudaya (5) Bagipenelitilain diharapkanuntukmelakukanpenelitianlanjutanterhadappeningkatankualitasbelajardengantemuan lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item