Musik Cokekan di Sanggar Agung Candi Busono Kampung Pamndean Kelurahan Pare Kabupaten Kediri / Erwin Duta Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Musik Cokekan di Sanggar Agung Candi Busono Kampung Pamndean Kelurahan Pare Kabupaten Kediri / Erwin Duta Pratama

Pratama, Erwin Duta (2016) Musik Cokekan di Sanggar Agung Candi Busono Kampung Pamndean Kelurahan Pare Kabupaten Kediri / Erwin Duta Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Erwin Duta 2015. Musik Cokekan di Sanggar Agung Candi Busono Kampung Pandean Kelurahan Pare Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Ninik Harini M.Sn (II) Hartono S.Sn. M.Sn. Kata Kunci Cokekan Sejarah Fungsi Alat musik Penyajian Cokekan adalah salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Jawa. Penyajian musik Cokekan di Sanggar Agung Candi Busono Kampung Pandean memiliki ciri gendhing-gendhing doa yang dilantunkan bersifat halus dan penggunaan alat gamelan yang sederhana. Keberadaan musik Cokekan yang kurang diketahui oleh masyarakat dan belum adanya penelitian tentang musik Cokekan. Peneliti terdorong untuk melakukan penelitian musik Cokekan. Nantinya dapat digunakan sebagai bahan rujukan literatur musik tradisional. Memusatkan perhatian pada pendidikan muatan lokal kesenian daerah di jalur formal pendidikan sebagai upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan kesenian daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) Sejarah musik Cokekan di sanggar Agung Candi Busono. 2) Fungsi Cokekan di sanggar Agung Candi Busono. 3) Alat musik Cokekan di sanggar Agung Candi Busono. 4) Penyajian musik Cokekan di Sanggar Agung Candi Busono. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan foto. Peneliti sebagai instrumen penelitian. Kegiatan analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data tahap reduksi tahap penyajian data serta tahap penarikan simpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian musik Cokekan di sanggar Agung Candi Busono yaitu 1) Sejarah musik Cokekan berada di sanggar Agung Candi Busono adalah acara rutin komunitas penghayat Sapto Darma yang sebelumnya kegiatan doa bersama tidak ada musik untuk mengisi waktu kosong dihadirkan musik tradisional Cokekan 2) Fungsi musik Cokekan di sanggar Agung Candi Busono pengisi waktu luang atau sebagai pengiring sujud atau berdoa 3) Alat gamelan Cokekan yang digunakan adalah kendhang slenthem gong ageng gong suwuk kempul gender gambang 4) Penyajian musik Cokekan terdiri dari tiga bagian dari gendhing awal inti gendhing akhir a) Bagian awal meliputi pembukaan terdapat gendhing Puji Sesanti b) Bagian inti adalah gendhing dan macapat yang melantunkan secara bergantian c) Bagian akhir gendhing penutup Rerepen Pangkur Kala Singgah. Dengan adanya penelitian ini disarankan untuk dapat melakukan penelitian lanjutan sebagai usaha pengembangan pertunjukan Cokekan lebih mengapresiasi seni pertunjukan daerah setempat dan memperkenalkan ke daerah lain dalam lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item