Motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik mengikuti aktivitas Cahaya Cakrawala Orchestra di Universitas Negeri Malang / Yepta Putra Ferdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik mengikuti aktivitas Cahaya Cakrawala Orchestra di Universitas Negeri Malang / Yepta Putra Ferdiansyah

Ferdiansyah, Yepta Putra (2016) Motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik mengikuti aktivitas Cahaya Cakrawala Orchestra di Universitas Negeri Malang / Yepta Putra Ferdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferdiansyah Yepta Putra. 2015. Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Mengikuti Aktivitas Cahaya Cakrawala Orchestra Di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara S.D.P M.Pd (II) Tri Wahyuning Tyas S.Pd M.Si Kata Kunci Motivasi Mahasiswa Cahaya Cakrawala Orchestra. Grup Cahaya Cakrawala Orchestra merupakan kegiatan nonakademik di Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik yang bergerak di bidang seni musik. Kebutuhan akan pengetahuan pretasi wadah berapresiasi dan mengembangkan kreativitas merupakan hal yang pentingbagi mahasiswa maka dari itu mahasiswa memilih mengikuti aktivitas grup Cahaya Cakrawala Orchestra.Dengan mengikuti kegiatan nonakademik sepertigrup Cahaya Cakrawala Orchestra diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang dapat mendukung kegiatan perkuliahan (akademik). Namundemikian mahasiswa harus selektif dalam memilih dan mengikuti kegiatan yang ada di dalam kampus agar mendapatkan pengetahuan dan prestasi yang mendukung perkuliahan secara maksimal. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik khususnya konsentrasi musik dalam mengikuti grup Cahaya Cakrawala Orchestra. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisa datanya dengan mentabulasikan data frekuensi yang kemudian menggunakan prosentase dan digambarkan dalam bentuk histogram. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada motivasi intrinsik terdapat (1) Aspek perasaan khususnya merasa senang merupakan aspek yang sangat mempengaruhi dengan prosentasenya paling tinggi yaitu 73 3% (2) Aspek keinginan khususnya ingin mengasah kemampuan merupakan merupakan aspek yang sangat mempengaruhi dengan prosentasenya paling tinggi yaitu 66 7% (3) Aspek pengetahuan khususnya pengetahuan mengenal alat musik merupakan merupakan aspek yang sangat mempengaruhi dengan prosentasenya paling tinggi yaitu 70% (4) Aspek kepuasan khususnya hasil belajar merupakan merupakan aspek yang sangat mempengaruhi dengan prosentasenya paling tinggi yaitu 66 7%. Pada motivasi ekstrinsik yaitu (1) Aspek lingkungan khususnya lingkungan program studi merupakan merupakan aspek yang sangat mempengaruhi dengan prosentasenya paling tinggi yaitu 70% (2) Aspek kompetisi khususnya menjadi tim inti merupakan aspek yang sangat mempengaruhi dengan prosentasenya paling tinggi yaitu 70%. Kesimpulan penelitian ini adalahmotivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik khususnya konsentrasi musik mengikuti aktivitas grup Cahaya Cakrawala Orchestra di Universitas Negeri Malang adalah adanya motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Saran penelitian ini diharapkan pihak kampus lebih memperhatikan bakat dan minat mahasiswa khususnya di bidang musik baiksarana maupun prasarana agar mendukung kelancaran kegiatan belajar mahasiswa serta bagi mahasiswa diharapkan lebih meningkatkan motivasi dalam belajar dan berkegiatan agar mendapat pengetahuan dan prestasi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item