Nurmadani S., Purti Ajeng (2015) Bentuk struktur arak-arakan sakerah di desa Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang / Purti Ajeng Nurmadani S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sugianto Putri Ajeng Nurmadani. 2015. Bentuk dan Struktur Arak-arakan Sakerah di Desa Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. E. W. Suprihatin Dyah P M.Pd (2) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd. Kata kunci Arak-arakan Sakerah Bentuk Struktur. Arak-arakan Sakerah adalah salah satu kesenian yang berasal dari Kabupaten Malang yang tepatnya di desa Tangkilsari. Keberadaannya yang kurang adanya peminat dari generasi muda untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian ini. Untuk lebih melestarikan dan mengembangkan kesenian ini dibutuhkan dokumentasi pertunjukan yang dapat dijadikan sebagai dasar apresiasi daerah setempat. Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk arak-arakan Sakerah di Desa Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang 2) Mendeskripsikan struktur arak-arakan Sakerah di Desa Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang untuk melestarikan dan mengembangkan eksistensinya di tengah masyarakat pendukung. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi dalam bentuk foto dan video. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data yang dilakukan menggunakan jenis analisis sosiologi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti maka diperoleh hasil 1) Bentuk arak-arakan Sakerah terdapat gerak pemain mempunyai tata panggung/tempat pertunjukan tata busana tata rias yang digunakan para pemain dan menggunakan properti dan pola lantai. Musik iringan yang digunakan adalah musik rekaman atau editan musik 2) Struktur Arak-arakan Sakerah terdiri dari tiga bagian yaitu a) bagian awal meliputi persiapan dari pemain dan do a b) bagian inti meliputi membentuk barisan salam pembuka dan atraksi c) salam penutup (atraksi-atraksi penutup dari pemain) dan pembubaran barisan dengan menyanyi lagu-lagu dangdut. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah arak-arakan Sakerah merupakan hiburan yang terlihat dari musik iringan yang bernafaskan kegembiraan. Simbolisasi tokoh dan cerita yang ditampilkan memeiliki peran tentang kehidupan manusia sehari-hari. Upaya yang harus dilakukan pendiri arak-arakan Sakerah ini adalah melestarikan atau mengembangkan arak-arakan Sakerah kepada generasi muda yang akan datang agar arak-arakan ini tidak punah dan ada penerusnya. Sebagai usaha melestarikan atau mengembangkan kesenian daerah dapat dilakukan penelitian lanjutan sebagai usaha pengembangan arak-arakan Sakerah lebih mengapresiasi seni pertunjukan daerah setempat dan memperkenalkan ke daerah lain dalam lingkup yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |