Stuktur penyajian musik kentrung di Desa Jurangsapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso / Annisa' Septiana Krida - Repositori Universitas Negeri Malang

Stuktur penyajian musik kentrung di Desa Jurangsapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso / Annisa' Septiana Krida

Krida, Annisa' Septiana (2015) Stuktur penyajian musik kentrung di Desa Jurangsapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso / Annisa' Septiana Krida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Krida Annisa Septiana. 2015. Struktur Penyajian Musik Kentrung Di Desa Jurangsapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ninik Harini M.Sn (2) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata kunci Kentrung Struktur Penyajian Musik. Kentrung adalah salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Kabupaten Bondowoso. Kentrung di Desa Jurangsapi memiliki keunikan dari segi cerita musik maupun dalam penyampaian pantun menjadikan pertunjukan kentrung ini tampil beda dari kentrung di daerah lain. Keberadaannya yang kurang diketahui oleh masyarakat luas mendorong untuk segera mendokumentasikan kesenian tersebut sebagai salah satu upaya pelestarian kesenian tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan struktur penyajian musik kentrung di Desa Jurangsapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi dalam bentuk foto. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Kegiatan analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data tahap reduksi tahap penyajian data serta tahap penarikan simpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil Struktur Penyajian Musik Kentrung terdiri dari tiga bagian yaitu 1) Bagian awal meliputi pembukaan terdapat lagu Rugiruen 2) Bagian inti adalah bagian saut-menyaut pantun yang diiringi lagu Suwe Ora Jamu dan Bajing Loncat 3) Bagian akhir berisi musik penutup dan khusus untuk event-event tertentu menggunakan lagu Tanduk Majeng 4) Alat Musik pengiring yang digunakan adalah tongtong kendang bonang kempul terbang dan kencer. Dengan adanya penelitian ini disarankan sebagai usaha melestarikan kesenian daerah dapat dilakukan penelitian lanjutan sebagai usaha pengembangan pertunjukan kentrung lebih mengapresiasi seni pertunjukan daerah setempat dan memperkenalkan ke daerah lain dalam lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13631

Actions (login required)

View Item View Item