Persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang terhadap seni tari dalam pembelajaran seni budaya materi Tari Pejuang / Pancarannie Bekti Pertiwi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang terhadap seni tari dalam pembelajaran seni budaya materi Tari Pejuang / Pancarannie Bekti Pertiwi Putri

Putri, Pancarannie Bekti Pertiwi (2015) Persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang terhadap seni tari dalam pembelajaran seni budaya materi Tari Pejuang / Pancarannie Bekti Pertiwi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Pancarannie Bekti Pertiwi. 2015. Persepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang Terhadap Seni Tari dalam Pembelajaran Seni Budaya Materi Tari Pejuang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sri Wardhani M.Pd (II) Tutut Pristiati S.Sn. Kata kunci persepsi seni tari pembelajaran Seni Budaya. Kompetensi sikap pengetahuan dan ketrampilan seni tari pada kurikulum 2013 dalam pembelajaran Seni Budaya materi tari Pejuang yang harus dicapai oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang belum tampak dikarenakan sikap dan perhatian yang kurang perbedaan latar belakang siswa yang mempunyai bakat menari atau tidak keikutsertaan siswa dalam kegiatan di luar jam pelajaran seni tari usaha guru dan dorongan orang tua. Hal tersebut tidak terlepas dari proses menilai suatu obyek atau peristiwa yang dialami siswa saat pembelajaran seni tari maka muncul persepsi atau tanggapan yang diserap oleh panca indera siswa. Untuk itu perlu mengkaji bagaimana persepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang terhadap seni tari dalam pembelajaran Seni Budaya materi tari Pejuang. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang terhadap seni tari dalam pembelajaran Seni Budaya materi tari Pejuang dan faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang terhadap seni tari dalam pembelajaran Seni Budaya materi tari Pejuang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi terdiri dari siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Malang berjumlah 255 siswa dan sampel sebanyak 156 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian dengan teknik angket. Data dianalisis dengan teknik perhitungan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang yaitu menarik atau tidaknya penting atau tidaknya manfaat mempelajari tari Pejuang pemahaman materi tari Pejuang dan penguasaan ketrampilan atau praktek tari. (2) Faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang yaitu keingintahuan usaha siswa untuk bisa kedisiplinan usaha guru sarana dan prasarana serta dorongan dari orang tua. Saran penelitian kepada guru Seni Budaya bidang seni tari maka perlu memperbaiki strategi pembelajaran supaya kualitas pembelajaran seni tari dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Kepada peneliti lain perlu melakukan tindak lanjut dari penelitian ini dengan memperluas variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13629

Actions (login required)

View Item View Item