Yulianto, Erwin (2015) Keterampilan menari tari jaranan kreasi pada siswa tunarungu di SMPLB-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Kota Malang / Erwin Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulianto Erwin. 2015. Keterampilan Menari Jaranan Kreasi Pada Siswa Tunarungu Di SMPLB-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ida Siti Herawati M. Pd. (II) Wida Rahayuningtyas S. Pd M. Pd Kata Kunci Keterampilan Menari Jaranan Kreasi SMPLB-B YPTB Kota Malang Sekolah luar biasa di SMPLB-B YPTB Kota Malang merupakan satu-satunya sekolah yang mengajarkan seni tari sebagai mata pelajaran intrakulikuler. Keterbatasan yang dimiliki siswa tunarungu membuat guru harus mengajarkan keterampilan sesuai dengan anak-anak tunarungu. Menari hal yang tabu bagi anak tunarungu dimana dalam proses menari kepekaan dalam mendengar sangat diperlukan. Sehingga keterampilan menari bagi anak tunarungu memiliki nilai tersendiri yang mana membuat siswa mampu berkembang dalam segi gerakan dan kepekaan dalam diri mereka.Keterampilan menari bagi siswa tunarungu meliputi gerak pengolahan tubuh serta ketepatan dalam irama musik. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan umum untuk mendeskripsikan keterampilan siswa tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang dalam menarikan tari jaranan kreasi yang meliputi (1) kemampuan pengolahan tubuh siswa tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang dalam menarikan tari jaranan (2) ketepatan hitungan siswa dalam menarikan tari jaranan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dengan tahap pengumpulan data tahap reduksi data tahap penyajian data serta tahap penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menari pada siswa tunarungu menunjukan hasil yang diharapkan oleh guru dimana dalam proses belajar siswa mampu mengikuti apa yang diberikan oleh guru. Penelitian khusus menunjukan (1) kemampuan pengolahan tubuh dalam proses keterampilan menari pada siswa meliputi (a) melakukan kegiatan pemanasan. (b) melakukan latihan inti. (2) ketepatan hitungan siswa dalam menarikan tari jaranan cukup maksimal dimana para siswa bergerak sesuai dengan hitungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru seni tari lebih memajukan keterampilan gerak teknik dan penguasaan tarian yang akan diberikan kepada para siswa sehingga siswa mampu mengaplikasikan gerakan tersebut dalam menunjang bakat seni mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |