Satriah (2015) Pengembangan media pembelajaran seni musik dengan menggunakan macromedia flash 8 di SMPN 10 Malang / Satriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Satriah. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Seni Musik dengan Menggunakan Macromedia Flash di SMPN 10 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd. M.Si. Kata kunci media pembelajaran materi seni musik macromedia flash. Pengembangan media pembelajaran ini untuk meningkatkan pemahaman materi seni musik pada mata pelajaran seni budaya kelas 1 SMPN 10 Malang. Berdasarkan hasil observasi di lapangan di SMPN 10 Malang pada mata pembelajaran seni budaya diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran sangat terbatas. Karena kegiatan proses pembelajaran hanya menggunakan buku teks. Dengan dikembangkannya media pembelajaran macromedia flash 8 akan lebih memudahkan siswa untuk memahami suatu materi yang nantinya proses pembelajaran ini akan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan macromedia flash dalam mata pelajaran seni musik di SMPN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan metode model pengembangan Research and Development ( R D ) dari Borg dan Gell dalam Ardhana (2002 9). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII I SMPN 10 Malang dan guru seni budaya SMPN 10 Malang. Data penelitian menggunakan data kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui observasi wawancara dan angket pertanyaan. Sedangkan kuantitatif diperoleh melalui dari hasil analisis data. Data yang telah didapat kemudian dianalisis dan dirancang menjadi perangkat lunak multimedia yang digunakan untuk sistem pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah macromedia flash. Hasil uji coba produk dapat disimpulkan sebagai berikut berdasarkan penilaian ahli materi menyatakan valid dengan persentase 93 75% penilaian ahli media menunjukkan media pembelajaran macromedia flashvalid dengan persentase 88 3% sedangkan berdasarkan uji coba kelompok kecil menyatakan valid dengan persentase 90% dan uji coba kelompok besar menyatakan cukup valid dengan persentase 75 3%. Berdasarkan kesimpulan penelitian tersebut dapat disarankan bagi (1) Bagi siswa diharapkan lebih aktif dan kreatif dalam belajar dengan adanya media pembelajaran macromedia flash.(2) Bagi guru diharapkan dapat menyiapkan media untuk bahan ajar agar dalam proses belajar tidak cenderung menggunakan buku teks seperti penulis buat yaitu menyiapkan bahan ajar media pembelajaran macromedia flash.(3) Bagi sekolah diharapkan dapat menyiapkan peralatan yang akan dibutuhkan dalam penggunaan proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |