Struktur Tari Kiprah Lengger di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana Kota Probolinggo / Yulita Dwi Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur Tari Kiprah Lengger di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana Kota Probolinggo / Yulita Dwi Utari

Utari, Yulita Dwi (2015) Struktur Tari Kiprah Lengger di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana Kota Probolinggo / Yulita Dwi Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utari Yulita Dwi. 2015.Struktur Tari Kiprah Lengger di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Robby Hidayat M.Sn (II) Tutut Pristianti S.Sn Kata Kunci Struktur Gerak Tari Kiprah Lengger Kota Probolinggo Tari Kiprah Lengger adalah tarian yang menggambarkan lengger (penari tayub) di Kota Probolinggo. Strutur gerak pada Tari Kiprah Lengger menggunkan unsur-unsur gerak tarian Remo Putri dan menggunakan properti sampur. Pemahaman masyarakat umum khususnya masyarakat Probolinggo terhadap Tari Kiprah Lengger masih kurang terutama pada ragam gerak Tari Kiprah Lengger. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai struktur Tari Kiprah Lengger. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana struktur Tari Kiprah Lengger. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrumen utama. Data penelitian ini berlokasi di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana Kota Probolinggo Narasumber dalam penelitian ini adalah Peni Priyono seniman Probolinggo dan Sri Rahayuningtyas penari Tari Kiprah Lengger. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Untuk menjaga keabsahan temuan dilakukan triangulasi sumber dan metode. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap tahap persiapan tahap rancangan penelitian tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian struktur Tari Kiprah Lengger di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana yaitu (1) Bagian pembuka yang terdapat dalam Tari Kiprah Lengger terdiri dari dua puluh empat gerakan yaitu genggem sampur nantang sampur mapan ukelan duwur singgetan junjungan seblak sampur singgetan ngrawit mentang sampur mentangan bumi langit mentang nantang ukel laku mayuk kipat sampur ngrawit singgetan ngrawit ukel talingan nyeblak sampur mentangan ngrawit junjungan. (2) Bagian inti yang terdapat dalam Tari Kiprah Lengger terdiri dari lima belas yaitu kepelan ngrawit ulap-ulap kepelan rias tepuk pundak mentang kepel mentang kipat sampur seleh oyang kepelan mapan singgetan tangkep sampur. (3) Bagian penutup yang terdapat dalam Tari Kiprah Lengger terdiri dari sembilan yaitu egol (dangdutan) lembean junjungan jojoan bumi langit sendal urang ndaplang nyilang asta laku lurus. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar masyarakat Probolinggo memunculkan kepedulian terhadap seni tari khas dari Kota Probolinggo sehingga kesenian di Probolinggo tetap bertahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item