Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Dita Agsi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Dita Agsi Puspitasari

Puspitasari, Dita Agsi (2015) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Dita Agsi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Dita Agsi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015 . Skripsi Program Studi Pendidikan Seni tari Dan Musik Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Media pembelajaran Media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Seni budaya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini telah berpengaruh juga terhadap seni tari. Hal ini terjadi pada SMA Negeri 5 Malang. Guru seni tari di SMA Negeri 5 Malang telah menggunakan media pembelajaran berbasis TIK digunakan pada materi pembelajaran seni tari. Media pembelajaran berbasis TIK memiliki banyak keunggulan pada mata pelajaran seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis TIK pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2014/2015 (2) bagaimana hasil belajar siswa pada ulangan harian dalam mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2014/2015 (3) apakah penggunaan media pembelajaran berbasis TIK berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis TIK sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan populasi total berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan teknik prosentase dan regresi sederhana dengan bantuan software komputer SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa (1) penggunaan media pembelajaran berbasis TIK pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) sangat tinggi dengan prosentase 4 25% tinggi 61 43% rendah 34 29%. (2) Hasil belajar siswa pada ulangan harian mata pelajaran seni budaya (seni tari) sangat tinggi dengan prosentase 28.57% dan tinggi 71 43 %. (3) Penggunaan media pembelajaran berbasis TIK berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2014/2015 tinggi. Dengan koefisien korelasi sebesar 22 7% dengan taraf signifikasi 95%. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat mengoptimalkan penggunakan media pembelajaran berbasis TIK pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item