Pengembangan media pembelajaran berupa buku teks materi apresiasi tata rias dan busana Tari Gandrung Banyuwangi di SMP Negeri 1 Banyuwangi / Putri Cempaka Akhir

Akhir, Putri Cempaka (2015) Pengembangan media pembelajaran berupa buku teks materi apresiasi tata rias dan busana Tari Gandrung Banyuwangi di SMP Negeri 1 Banyuwangi / Putri Cempaka Akhir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akhir, putri, Cempaka, 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buku Teks Materi Apresiasi Tata Rias Dan Busana Bentuk Tari Gandrung Banyuwangi Di SMP Negeri 1 Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd, (II) Tri Wahyuningtyas, S.Spd, M.Si. Kata Kunci: buku teks, media pembelajaran, pengembangan, tata busana tata rias, tari gandrung. TariGandrungadalahtaridariKabupatenBanyuwangi, tariinimasihberupaarsippribadisenimandanpemerintahdaerahsetempat, belumtersebar di lingkunganluarsenimanmaupun di lembagaPendidikan, danbelumtersediadalambentukbuku ajar.Lembagapendidikan di Banyuwangi yang sudahmengajarkan Sub Mata PelajaranSeniTariadalah SMP Negeri 1 Banyuwangi. Salah satuStandartKompetensinyaadalahMengapresiasiKaryaSeniTaridenganKompetensiDasar yang masihmengacupadakonteksbudayamasyarakatdaerahsetempat, dengandemikiansumberbelajaryang dapatmenunjangpembelajarantersebutsangatdibutuhkanadanya. BusanaGandrungmerupakancirikhasdarikesenianGandrungBanyuwangiyaitukesenianaslimasyarakatOsingBanyuwangi, kesenianGandrungmengalamipuncakkeemasannyadanhampirsemuakehidupanberkesenianGandrung . MenyadariakanpotensidayatarikkesenianGandrung yang sangatluarbiasadandidukungolehmasyarakatBanyuwangi yang sangatmenjunjungtinggikeseniantradisionalnya. Tata busanasebagaisalahsatuaspek yang sangatesensialdalamkehidupanmanusiadandapatmemberikanwahanaprilakumanusiauntukdapatmenunjukkanjatidirinya.BusanaGandrungmerupakansuatuidentitasmasyarakatBanyuwangi.Sejalandengan yang diungkapkanJazuli (1994: 17-19), bahwatatabusanaataukostumdalamsenitradisiberfungsiuntukmendukungtemaatauisitaridanuntukmemperjelasperanansuatusajiantariselainitudalamtaritradisibusanatariseringmencerminkanidentitas (cirikhas) suatudaerahsekaligusmenunjukkandarimanatariantersebutberasal. TujuanskripsiiniadalahuntukmengembangkanbukutekstariGandrungBanyuwangisebagaiapresiasipembelajaranSeniTari di SekolahMenengahPertama (SMP) Negeri 1 Banyuwangi.Bukuteksinidikembangkandengantujuansebagaibukupelengkapdaribukuutama, yang manaberperanmelengkapimateri yang sudah di khususkan.Tujuanutamapenelitianinidikarenakankurangnyabukupanduan yang dapatdigunakanolehpengajarilmuseni (guru) mengakibatkanketerbatasandalamhalpenyampaianmaterikepadasiswatentangmaknakesenianbudayadantradisidaerahsetempat.Tujuanskripsiiniadalahuntukmengembangkan media pembelajaraberupabukuteksmateriapresiasitatariasdanbusanatariGandrungBanyuwangi. Penelitian ini menggunakan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi V, pada Bab 6 tentang Penelitian dan Hasil Pengembangan dengan upaaya menerapkan temuan atau pembentukan teori baru dengan tujuan memecahkan permasalahan. Model pengembangan dalam penelitian pengembangan ini diadopsi dari model pengembangan menurut Borg dan Gall (1983). Model pengembangan buku teksini menggunakan metode Research and Development pengumpulan datainstrumen diperoleh dari hasil wawancara dan pengisisan angket. Hasil datainstrumen akan dianalisis dengan menggunakan metode uji Likert untuk mengetahui tingkat persentase kelayakan suatu buku teks tersebut. Tingkat kelayakan buku teks dinilai berdasarkan kandungan isi materi, pola bahasa serta desain gambar ilustrasi dan struktur tampilan buku teks tersebut. Berdasarkan hasil penilaian berturut-turut didapatkan nilai persentase sebesar > 80% yang menyatakan bahwa buku teks ÔÇ£Seni Tari GandrungÔÇØ ini memiliki pokok bahasan yang mudah dimengerti dengan desain yang menarik. Data perhitungan angket yang menunjukkan hasil persentase tingkat kelayakan buku menyatakan bahwa sebanyak 78,85 % dan 72,85 % dari lima responden umum dan satu responden ahli media, dimana ahli media ini menilai berdasarkan struktur desain dan pola pengembangan bahasa, dimana tiap angket yang diberikan berisi sebanyak 14 jenis pertanyaan. Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa buku tersebut layak dan dapat diimplementasikan sehingga buku teks tersebut dapat dijadikan bahan pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13612

Actions (login required)

View Item View Item