Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar praktik berkarya seni tari pada mata pelajaran seni budaya kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Hesti Kartika Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar praktik berkarya seni tari pada mata pelajaran seni budaya kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Hesti Kartika Lestari

Lestari, Hesti Kartika (2015) Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar praktik berkarya seni tari pada mata pelajaran seni budaya kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Hesti Kartika Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Hesti Kartika. 2015. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Praktik Berkarya Seni Tari pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Iriaji M.Pd (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemandirian Belajar Kemampuan Proses Hasil Praktik. Siswa dituntut untuk mandiri dalam mempelajari sub bidang seni praktik berkarya seni tari yang membutuhkan kesabaran ketelitian tingkat imajinasi kreativitas dan ketelatenan yang tinggi. Mengasah kemampuan dan menerapkan kemandiran dalam belajar adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan (1) tingkat kemandirian belajar dan tingkat hasil belajar (2) ada tidaknya hubungan antara tingkat kemandirian belajar dengan tingkat kemampuan proses praktik (3) ada tidaknya hubungan antara tingkat kemandirian belajar dengan hasil praktik (4) ada tidaknya hubungan antara tingkat kemandirian belajar dengan tingkat kemampuan proses praktik dan hasil praktik dan (5) ada tidaknya hubungan antara tingkat kemampuan proses praktik dengan hasil praktik berkarya seni tari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tes keterampilan dan dokumen. Subyek penelitian sejumlah 75 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis korelasi menggunakan bantuan SPSS 20 0 for windows dengan taraf signifikansi 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kemandirian belajar pada siswa berkategori tinggi yaitu 80% dan tingkat hasil belajar siswa berkategori sangat baik yaitu 81 3% (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kemandirian belajar dengan tingkat kemampuan proses praktik dengan rhitung 0 053 8804 rtabel 0 227 (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kemandirian belajar dengan hasil praktik dengan rhitung 0 053 8804 rtabel 0 227 (4) tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kemandirian belajar dengan tingkat kemampuan proses praktik dan hasil praktik dengan rhitung 0 038 8804 rtabel 0 227 dan (5) ada hubungan yang signifikan antara tingkat kemampuan proses praktik dengan hasil praktik berkarya seni tari dengan rhitung 0 983 8805 rtabel 0 227. Berdasarkan hasil dari temuan penelitian bahwa tingkat kemandirian belajar siswa belum bisa menentukan hubungan dengan tingkat kemampuan proses praktik dan hasil praktik perlu disarankan penelitian lanjut yang berkaitan dengan faktor lain sebagai variabel antara yang bisa menentukan hubungan. Berkaitan dengan kemampuan proses praktik perlu mendapat perhatian dan perlu ditingkatkan karena kemampuan proses praktik pada siswa berarti merupakan kegiatan siswa selama mengikuti proses praktik berkarya seni tari dari segi kesiapan sikap dalam mengikuti proses praktik dan kesungguhan yang ditunjukkan siswa dalam mengikuti proses praktik berkarya seni tari untuk mendapatkan hasil belajar praktik yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item