Pengembangan media berbasis video tutorial tata rias karakter untuk siswa kelas remaja di sanggar Senaputra Kota Malang / Almira Dea Davita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media berbasis video tutorial tata rias karakter untuk siswa kelas remaja di sanggar Senaputra Kota Malang / Almira Dea Davita

Davita, Almira Dea (2015) Pengembangan media berbasis video tutorial tata rias karakter untuk siswa kelas remaja di sanggar Senaputra Kota Malang / Almira Dea Davita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dea Almira.2015. Pengembangan Media Berbasis Video Tutorial Tata Rias karakter Untuk Siswa Kelas Remaja di Sanggar Senaputra Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd Kata Kunci Video Tutorial Tata Rias Panggung Mengatasi permasalahan yang ada pada Sanggar Senaputra Kota Malang pada pembelajaran seni tari yaitu belum adanya pembelajaran tata rias didalam mendukung sebuah pertunjukan dan ketrampilan pada seni tari sehingga untuk mengatasi kendala di lapangan dibutuhkan media yang praktis dipelajari dimana saja dan kapan saja sebagai media untuk membantu siswa sanggar didalam mempelajari tata rias tanpa didampingi guru. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk berupa video tutorial tata rias karakter pada kelas remaja di Sanggar Senaputra Kota Malang. Pada video tutorial tata rias panggung tingkat dasar ini mencakup pengenalan alat dan bahan tata rias serta proses pembelajaran tata rias karakter tari putri serta putra gagah. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi prosedur penelitian Borg Gall (Sugiyono 2011) yang terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) Perencanaan (3) Pengembangan format produk awal (4) Validasi Ahli (5) Revisi Produk I (6) Uji coba kelompok kecil (7) Revisi Produk II. Subyek coba pada penelitian dan pengembangan ini adalah 3 orang ahli materi 3 orang ahli media 15 siswa Sanggar Senaputra dan 1 orang guru SanggarSenaputra sebagai uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kriteria penilaian. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dan dipertimbangkan sebagai bahan revisiproduk sedangkan data kuantitatif dari uji kelayakan produk dianalisis dengan rumus. Hasil uji coba produk dapat disimpulkan sebagai berikut berdasarkan penilaian dari ahli materi hasil yang diperoleh 10 hasil butir tinjauan dengan hasil Amat Layak dan 5 butir tinjauan diperoleh hasil layak Penilaian dari ahli media diperoleh hasil 8 butir tinjauan dengan kriteria sangat layak dan 2 butir tinjauan dengan kriteria layak. Pada data yang diperoleh dari uji lapangan oleh siswa sanggar diperoleh hasil 3 butir tinjauan sangat layak dan 1 butir tinjauan layak dari hasil uji lapangan guru sanggar diperoleh hasil sangat layak pada 2 butir tinjauan dan 3 butir tinjauan layak dengan revisin ringan. Dari data diatas dapat disimpulkan media pembelajaran video tutorial tata rias panggung dapat dikatakan Valid. Kegunaan video tutorial tata rias karakter ini dapat membantu siswa dalam mempelajari materi dasar tata rias karakter tari putra dan putri secara mandiri dan dapat menambah ketrampilan siswa dalam bidang tata rias sebagai penunjang ketrampilan menari yang dipelajari di Sanggar Senaputra Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13609

Actions (login required)

View Item View Item