Pengelolaan pertunjukan reog dalam event bulan purnama di Kabupaten Ponorogo / Dolar Kristia Mala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan pertunjukan reog dalam event bulan purnama di Kabupaten Ponorogo / Dolar Kristia Mala

Mala, Dolar Kristia (2015) Pengelolaan pertunjukan reog dalam event bulan purnama di Kabupaten Ponorogo / Dolar Kristia Mala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mala Dolar Kristia 2015. Pengelolaan Pertunjukan Reog Dalam Event Bulan Purnama di Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin D.P M.Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Reog Pertunjukan Bulan Purnama Alun-alun Ponorogo Reog merupakan kesenian tradisional yang lahir dan berkembang di Ponorogo. Setiap event tidak jarang kita jumpai pertunjukan reog. Pemerintah kabupaten Ponorogo sangat tanggap akan potensi reog ini sehingga memiliki rutinitas untuk menampilkan Reog Ponorogo sebagai atraksi budaya. Rutinitas diadakan bertepatan dengan adanya bulan purnama atau setiap tanggal 14 menjelang 15 kalender Jawa atau kalender Islam yang dilaksanakan di alun-alun Ponorogo. Setiap kecamatan di Ponorogo memikili yayasan Reog dari kecamatan-kecamatan di Ponorogo secara acak dan bergiliran bergantian mengirimkan wakilnya untuk tampil di alun-alun kabupaten Ponorogo rutinitas ini bukan sekedar pementasan rutin akan tetapi juga bisa disebut sebagai ajang atau wadah keativitas pemuda-pemudi kota Ponorogo yang memiliki bakat (talenta) di bidang kesenian khususnya budaya di Ponorogo. Selain itu adanya pertunjukan yang diadakan rutin setiap bulannya dapat meningkatkan potensi wisatawan dan devisa Kabupaten Ponorogo itu sendiri. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengelolaan grup reog yang akan ditampilkan dalam event bulan purnama (2) Bagaimana cara mempromosikan pertunjukan grup reog dalam event bulan purnama (3) Apakah fungsi pertunjukan reog dalam event bulan purnama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data tahap reduksi tahap penyajian data serta tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan peningkatan ketekunan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan pemilihan grup reog yang akan tampil harus melewati beberapa kegiatan sebelum dilaksanakan yaitu pra event yang didalamnya merupakan koordinasi dengan pejabat dan Kriteria grup reog meliputi Terdaftar jumlah pemain (2) Promosi pertunjukan reog melewati tahapan promosi meliputi perencanaan evaluasi pelaksanaan dan pengendalian Strategi promosi yaitu melalui media elektronik antara lain televisi situs online dan media sosial serta media komunikasi visual antara lain spanduk dan baliho (3) Fungsi pertunjukan reog sebagai sarana hiburan dan sebagai media pelestarian kesenian khas sebagai media pendidikan sebagai media peningkatan wisatawan. Dengan adanya penelitian ini disarankan diadakan penelitian lebih lanjut dan lebih menyempurnakan hasil penelitian khususnya tentang pengelolaan pertunjukan reog yang terdapat pada event bulan purnama di kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13606

Actions (login required)

View Item View Item