Pengembangan media pembelajaran melalui permainan monopoli tari tradisi Malang dalam mata pelajaran seni budaya kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang / Athif Yuliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran melalui permainan monopoli tari tradisi Malang dalam mata pelajaran seni budaya kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang / Athif Yuliati

Yuliati, Athif (2015) Pengembangan media pembelajaran melalui permainan monopoli tari tradisi Malang dalam mata pelajaran seni budaya kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang / Athif Yuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliati Athif. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Permainan Monopoli Tari Tradisi Malang dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. E. W. Suprihatin D.P M. Pd (II) Tri Wahyuningtyas S. Pd M. Si. Kata Kunci media pembelajaran permainan Monopoli tari tradisi Malangan SMP Negeri 1 Malang. SMP Negeri 1 Malang merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang menerapkan pembelajaran Seni Budaya bidang seni tari di Kota Malang. Kurangnya inovasi penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar bidang seni tari di SMP Negeri 1 Malang dan keterbatasan pengetahuan guru tentang seni tari dikarenakan latarbelakang guru yang bukan dari bidang seni tari menjadi faktor utama penelitian dan pengembangan dilaksanakan. Media pembelajaran permainan Monopoli menyajikan pengenalan terhadap ragam gerak unsur pendukung tari dan pengetahuan umum seni tari tradisi Malang yang dikemas secara menarik efektif dan efisien sehingga target pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa permainan Monopoli seni tari tradisi Malang sebagai upaya pengenalan seni tari tradisi daerah setempat kepada siswa kelas 8 dalam mata pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Malang. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi prosedur penelitian R D yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) pengumpulan data (3) perancangan produk berdasarkan konsultasi ahli (4) pengembangan produk (5) uji validasi ahli (6) revisi produk I (7) uji coba kelompok kecil (8) revisi produk II (9) uji coba kelompok besar dan (10) revisi produk akhir. Subjek coba pada penelitian ini adalah 2 ahli materi 1 ahli media dan 32 siswa SMP Negeri 1 Malang sebagai uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data untuk uji coba menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dan dipertimbangkan sebagai bahan revisi produk sedangkan data kuantitatif dari uji kelayakan produk dianalisis dengan persentase. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran yaitu Permainan Monopoli Tari Tradisi Malang. Hasil persentase dari uji validasi materi 98 4% uji validasi media 87 5% dan uji kelompok kecil 91 6%. Berdasarkan hasil keseluruhan persentase yaitu 92 5%. Hasil tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran tersebut layak dan efektif. Pengembangan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk mengetahui dan mempelajari tentang tari tradisi Malang khususnya pada ragam gerak dan unsur pendukung tari. Siswa diharapkan dapat belajar dengan cara yang efektif dan menyenangkan melalui media belajar ini. Sedangkan untuk guru media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran ranah kognitif yang inovatif kaitannya dengan pelajaran seni budaya bidang seni tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13604

Actions (login required)

View Item View Item