Peningkatan hasil belajar tari pada materi pengetahuan tari kreasi tradisi dan kreasi non tradisi melalui model ARIAS di kelas VIII SMP Negeri 2 Karangploso Satu Atap / Sri Yuwastutik Mibiyatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tari pada materi pengetahuan tari kreasi tradisi dan kreasi non tradisi melalui model ARIAS di kelas VIII SMP Negeri 2 Karangploso Satu Atap / Sri Yuwastutik Mibiyatun

Mibiyatun, Sri Yuwastutik (2015) Peningkatan hasil belajar tari pada materi pengetahuan tari kreasi tradisi dan kreasi non tradisi melalui model ARIAS di kelas VIII SMP Negeri 2 Karangploso Satu Atap / Sri Yuwastutik Mibiyatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mibiyatun Sri Yuwastutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Tari Pada Materi Pengetahuan Tari Kreasi Tradisi dan Tari Kreasi Non Tradisi Melalui Model ARIAS Di Kelas VIII SMP N 2 Karangploso Satu Atap. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Hj. E.W. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Seni Tari Hasil Belajar Model ARIAS. Berdasarkan data awal yang diperoleh hasil belajar siswa masih di bawah KKM dengan rata-rata 60. Hal ini disebabkan karena kurang adanya motivasi dan semangat dalam pelajaran seni budaya sub seni tari model yang digunakan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar setelah penerapan model ARIAS pada materi seni tari kreasi tradisi dan tari non kreasi tradisi pada siswa kelas VIII SMP N 2 Karangploso Satu Atap dengan jumlah siswa 29. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada model siklus oleh Arikunto meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Untuk mengukur hasil belajar digunakan teknik tes tulis dan hasilnya berupa skor yang akan dianalisis secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 2 siklus untuk proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan media video dan tutor sebaya sedangkan pada siklus II proses pelaksanaan pembelajarannya dengan menggunakan media perangkaian gambar dan metode problem solving. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari dengan model ARIAS mengalami peningkatan peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil ketuntasan belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 34 48%. Pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 86 20%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 51 72%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model ARIAS dipadukan dengan media video media perangkaian gambar metode tutor sebaya dan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Guru sebagai subyek pendidikan yang berinteraksi secara langsung dengan siswa sebaiknya menerapkan model ARIAS pada mata pelajaran seni tari pada materi yang lain. Guru juga dapat mnggunakan model ARIAS ini sebagai alternatif pertimbangan dalam penggunaan variasi model pembelajaran. (2) Untuk peneliti yang lain dikarenakan penelitian ini terbatas pada materi perlu adanya penelitian lanjutan dengan menggunakan model ARIAS pada pokok materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item