Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Nining Dwi Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Nining Dwi Cahyani

Cahyani, Nining Dwi (2015) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Nining Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani Nining Dwi. 2015.Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Sub Bidang Seni Tari Kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd Kata Kunci Implementasi Kurikulum 2013 Seni Tari SMA. Pendidikan yang berkualitas dibutuhkan adanya kurikulum yang mampu menjawab berbagai persoalan pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang disusun untuk membentuk kompetensi dan karakter peserta didik sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yakni mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman produktif kreatif inovatif dan afektif melalui penguatan sikap keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aspek pembelajaran yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajaruntuk mencapai tingkat keefektifan belajar siswa melalui hasil belajar yang lebih baik dengan model pembelajaran scientific. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitiankualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Malang. Narasumber dalam penelitian ini adalah Bpk. Irianto Djoko Basuki selaku guru sub bidang studi seni tari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa perencanaan pembelajaran RPP telah disusun dan dikembangkan guru sesuai dengan kurikulum 2013 namun dalam komponen metode pembelajarannya guru masih menggunakan metode yang terdapat dalam kurikulum sebelumnya pelaksanaan pembelajaran seni tari telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan 5M yaitu mencakup aspek mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi dan mengkomunikasikan dan penilaian telah dilaksanakan guru melalui penguatan sikap pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan implementasi kurikulum 2013namun tidak semua lembar penilaian tersebut didukung dengan rubrik penilaian dan jumlah KKM yang digunakan. Diharapkan adanya pemahaman terhadap makna dan isi dari kurikulum 2013 agar dapat terwujudnya keselarasan yang seimbang antara disekolah dan lingkungan masyarakat dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru diharapkan mampu berimprovisasi dalam menerapkan metode media dan sumber belajar yang bervariasi dalam menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan. Penggunaan sarana dan prasarana yang maksimal sesuai dengan kompetensi yang diajarkan diharapkan mampu membantu dalam kegiatan pembelajaran untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item