Pelaksanaan pembelajaran Tari Semut pada anak usia dini di TK Pembina Kabupaten Probolinggo / Elentia Vanda Kartika Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran Tari Semut pada anak usia dini di TK Pembina Kabupaten Probolinggo / Elentia Vanda Kartika Wahyudi

Wahyudi, Elentia Vanda Kartika (2015) Pelaksanaan pembelajaran Tari Semut pada anak usia dini di TK Pembina Kabupaten Probolinggo / Elentia Vanda Kartika Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyudi Elentia Vanda Kartika. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Tari Semut Pada Anak Usia Dini di TK Pembina Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd. M.Si Kata Kunci Pembelajaran tari semut Anak usia dini TK Pembina Kota Prolinggo Pembelajaran tari sama halnya dengan pembelajaran mata pelajaran yang lain. Ada beberapa hal yang harus dipahami ketika belajar tari yaitu Konsep prinsip gerak dan langkah pembelajaran. Gerak tari merupakan unsur utama dalam tari gerak di dalam tari bukanlah gerak yang realistismelainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif dan estetis. Tari semut adalah tari yang diciptakan khusus untuk anak usia dini gerakannya yang lincah dan musiknya yang rampak dapat menarik minat anak usia dini. Di TK Pembina Kota Probolinggo ini berbeda denga TK lain karena pembelajaran tari disini masuk kegiatan intrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran tari semut di TK Pembina kota Probolinggo (2) Pengelolaan proses pembelajaran tari semut di TK Pembina kota Probolinggo (3) Materi/bahan ajar yang mencakup ragam gerak busana dan iringan tari semut di TK Pembina kota Probolinggo (4) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran tari semut. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam peneltian ini adalah Pembelajaran tari semut yang ada di TK Pembina kota Probolinggo. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif melalui 3 tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran tari di TK ini selain menggunakan catatan tangan juga menggunakan RKM SKH dan RPP (2) pengelolaan proses pembelajaran tari ini menggunakan metode imitasi/mencontoh metode cerita langkah pembelajaran sama dengan lainnya ada kegiatan awal inti dan penutup. Menggunakan media video kaset tape vcd dan TV (3) bahan ajar/materi tari semut terdiri dari gerak busana dan musik. Gerak tari semut yang ceria dan lincah serta enerjik tata busananya yang di dominasi warna merah dan menggambarkan semut serta musiknya yang rancak dan ceria membuat anak usia dini suka dan bersemangat belajar menari (4) faktor pendukung adanya guru yang ahli di bidangnya dan pelatih yang di datangkan dari sanggar kota Probolinggo sarana prasana yang memadai adanya tempat latihan khusus praktek tari dukungan penuh dari sekolah dan orang tua murid yang mendukung penuh pembelajaran ini. Faktor penghambatnya kurangnya jumlah guru tari di TK Pembina hanya terdapat 1 guru tari dan alokasi waktu yang tidak sesuai perencanaan. Perencanaan pembelajaran tari semut di TK Pembina seperti di sekolah-sekolah lain yang menggunakan RPP ataupun Silabus dan juga SKH. Proses pembelajarannya menggunakan metode imitasi atau mencontoh dimana guru akan menari terlebih dahulu kemudian siswa akan menirukan gerakannya. Berdasarkan uraian kesimpulan diatas maka penulis ada beberapa saran bagi sekolah Diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kepada kesenian tradisional dan paham bahwa belajar seni sejak dini itu perlu untuk dapat membentuk karakter anak sejak dini bagi pendidikan Diharapkan mampu membantu para guru seni budaya khususnya seni tari dalam memberikan pengetahuan bagi para peserta didik di sekolah-sekolah kota probolinggo khususnya TK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13593

Actions (login required)

View Item View Item