Pengembangan modul pembelajaran seni tari kompetensi dasar tari tradisi Jaranan Turangga Yaksa pada siswa di SMP Negeri 1 Trenggalek / Lyla Siti Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran seni tari kompetensi dasar tari tradisi Jaranan Turangga Yaksa pada siswa di SMP Negeri 1 Trenggalek / Lyla Siti Ekawati

Ekawati, Lyla Siti (2015) Pengembangan modul pembelajaran seni tari kompetensi dasar tari tradisi Jaranan Turangga Yaksa pada siswa di SMP Negeri 1 Trenggalek / Lyla Siti Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekawati Lyla Siti. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Tari Kompetensi Dasar Tari Kreasi Tradisi Jaranan Turangga Yaksa Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Trenggalek. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M. Pd (II) Tri Wahyuningtyas S. Pd M. Si. Kata Kunci modul pembelajaran seni tari kreasi tradisi Jaranan Turangga Yaksa SMP Negeri 1 Trenggalek. Ketersediaan bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan menyebabkan kurang maksimalnya pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Trenggalek. Upaya untuk melaksanakan pembelajaran seni tari diperlukan modul pembelajaran dan perangkat pendukung berupa Video Compact Disc (VCD) pembelajaran tari Jaranan Turangga Yaksa yang dikemas secara menarik efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran yang dirumuskan dapat tercapai. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mengembangkan produk modul pembelajaran dilengkapi dengan perangkat pendukung berupa Video Compct Disc (VCD) pembelajaran seni tari Kompetensi Daasar tari kreasi tradisi Jaranan Turangga Yaksa (2) mendiskripsikan hasil uji coba modul pembelajaran seni tari dengan materi pola lantai dan meragakan gerak tari Jaranan Turangga Yaksa sesuai dengan Kurikulum untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Trenggalek. Penelitian dan pengembangan ini mengadoptasi prosedur penelitian Borg Gall (Sugiyono 2011) yang terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk I (5) revisi produk I (6) validasi produk II (7) revisi produk II (8) uji coba produk (9) revisi produk III. Subjek coba pada penelitian ini adalah 3 ahli materi 3 ahli media dan 30 siswa SMP Negeri 1 Trenggalek sebagai uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan persentase. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dan dipertimbangkan sebagai bahan revisi produk sedangkan data kuantitatif dari uji kelayakan produk dianalisis dengan rumus dan persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan sebagai berikut berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan modul pembelajaran layak dengan persentase 95 4% penilaian ahli media menunjukkan modul pembelajaran layak dengan persentase 96 4% sedangkan berdasarkan uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase 90 8% bahwa produk yang dihasilkan layak digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran tari di sekolah. Terkait dengan hasil pengembangan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk mengetahui dan mempraktekkan gerak tari Jaranan Turangga Yaksa setelah mendapat arahan dari guru dan dapat menggunakan modul pembelajaran sebagai sebuah sarana paket belajar mandiri. Sedangkan untuk guru modul pembelajaran digunakan sebagai bahan ajar yang meringankan tugas guru dan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi berupa pola lantai tari dan meragakan gerak tari Jaranan Turangga Yaksa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item