Wulandari, Evitanafy (2015) Pelaksanaan pembelajaran cooperatif model jigsaw pada kegiatan ekstrakurikuler tari kreasi di SD Mutiara Harapan Lawang Kabupaten Malang / Evitanafy Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wulandhari Evita. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Cooperatif model Jigsaw pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Kreasi di SD Mutiara Harapan Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd. (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M. Si Kata Kunci Pembelajaran Cooperatif Jigsaw Ekstrakurikuler SD SD Mutiara Harapan Lawang merupakan salah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Malang yang menerapkan pembelajaran Cooperatif model Jigsaw pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari bukan kegiatan wajib melainkan bertujuan memberi wadah bagi siswa untuk menyalurkan bakat melalui kegiatan seni tari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pembelajaran Cooperatif model Jigsaw proses pelaksanaan pembelajaran Cooperatif model Jigsaw dan hasil belajar siswa di SD Mutiara Harapan Lawang Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif lokasi penelitian berada di SD Mutiara Harapan Lawang Kabupaten Malang yang terletak di Jl. Mayor Abdullah. No 28 Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Hubeman dilakukan dengan cara mereduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru ekstrakurikuler seni tari membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP ekstrakurikuler secara tertulis merujuk format RPP intrakurikuler namun indikator pembelajaran yang tidak dirumuskan dengan kalimat pencapaian belajar siswa secara rinci 2) guru melaksanakan kegiatan membuka pelajaran dengan memberi motivasi berupa game tepuk kegiatan inti di isi dengan pelaksanaan pembelajaran Cooperatif model Jigsaw meliputi pembentukan kelompok asal memberikan materi secara berbeda pada masing-masing siswa diskusi kelompok ahli laporan kelompok kepada anggota kelompoknya secara bergiliran evaluasi dengan mempresentasikan ragam gerak tari Yapong dengan iringan musik memberikan penghargaan dan kegiatan penutup dengan cara memberikan pertanyaan secara lisan mengenai kesimpulan materi yang sudah dipelajari dan memberikan tindak lanjut berupa latihan di rumah 3) hasil belajar siswa meliputi kemampuan sikap yaitu bekerjasama tangung jawab dan mandiri. Kemapuan keterampilan yaitu kemampuan menghafal ragam sesuai ketepatan musik dan kemampuan pengetahuan yaitu menjawab pertanyaan lisan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan pembelajaran Cooperatif model Jigsaw pada kegiatan ekstrakurikuler tari kreasi. Bagi guru ekstrakurikuler seni tari sebaiknya mempelajari RPP intrakurikuler terlabug dahulu dan dipelajari dengan cermat langkah kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal. Bagi siswa ekstrakurikuler agar bersemangat lagi dalam mengikuti proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan bagi mahasiswa seni tari Universitas Negeri Malang dengan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |