Sari, Yesi Pradika (2014) Proses pembelajaran tari kucing di TK Taman Harapan Kota Malang / Yesi Pradika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sari Yesi Pradika. 2014. Proses Pembelajaran Tari Kucing Di TK Taman Harapan Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. E. W. Suprihatin Dyah P M. Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Pembelajaran Tari Kucing Taman Kanak-kanak 12288 12288 12288 12288 TK Taman Harapan adalah salah satu taman kanak-kanak yang melaksanakan kegiatan intrakurikuler tari dengan materi pembelajaran tari kucing. Pembelajaran tari di TK Taman Harapan wajib diikuti oleh seluruh siswa TK B. Kegiatan pembelajaran seni tari di taman kanak-kanak berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak untuk membina perkembangan estetik dan membantu menyempurnakan kehidupan. Proses menyampaikan pembelajaran di TK tidak mudah dilakukan oleh guru. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan penelitian mengenai proses pembelajaran tari kucing di TK Taman Harapan Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal mengenai perencanaan pembelajaran tari kucing pelaksanaan pembelajaran tari kucing dan evaluasi pembelajaran tari kucing di TK Taman Harapan Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif lokasi penelitian berada di TK Taman Harapan yang terletak di Jl. Dr. Cipto no 09 malang. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi yang terdiri dari trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam perencanaan pembelajaran guru membuat jurnal kegiatan mengajar (2) Materi yang diberikan adalah tari kucing yang kemudian dikreasikan oleh guru setelah mengikuti pelatihan atau seminar yang berhubungan dengan tari (3) Metode yang digunakan adalah metode bercerita metode tanya jawab serta metode demonstrasi (4) Media yang digunakan adalah tape recorder kaset tari ruangan untuk praktek menari dan gambar-gambar dari buku cerita maupun educart (5) Penilaian dilakukan menggunakan tanda simbol dengan rentang nilai baik cukup baik dan kurang baik (6) Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada siswa belajar dalam kelompok besar (7) Evaluasi pembelajaran dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung kriteria penilaian yang digunakan adalah penyesuaian terhadap irama ekspresi gerak kemampuan menirukan gerak kepekaan ruang dan ketertiban 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar (1) Perlu adanya penelitian lebih lanjut agar tercipta proses pembelajaran seni tari yang lebih bervariasi (2) Perencanaan pembelajaran dalam kegiatan seni tari sebaiknya dibuat oleh guru secara rinci dan sesuai dengan struktur perangkat pembelajaran (3) Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi untuk peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |