Sistem rekrutmen penari Wayang Topeng Kedungmonggo Sanggar Asmarabangun Kabupaten Malang / Surya Dini Yusonia - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem rekrutmen penari Wayang Topeng Kedungmonggo Sanggar Asmarabangun Kabupaten Malang / Surya Dini Yusonia

Yusonia, Surya Dini (2014) Sistem rekrutmen penari Wayang Topeng Kedungmonggo Sanggar Asmarabangun Kabupaten Malang / Surya Dini Yusonia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yusonia Surya Dini. 2014. Sistem Rekrutmen Penari Wayang Topeng Kedungmonggo Sanggar Asmarabangun Kabupaten Malang.Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd Pembimbing (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd. Kata Kunci sistem rekrutmen penari wayang topeng Kedungmonggo sanggar Asmarabangun Wayang topeng Kedungmonggo merupakan salah satu kesenian wayang topeng yang berada di Kabupaten Malang tepatnya di sanggar Asmarabangun. Sanggar Asmarabangun memiliki cara untuk memperoleh penari wayang topeng melalui beberapa syarat dan ketentuan yang disebut sistem rekrutmen penari. Sistem rekrutmen penari wayang topeng Kedungmonggo dilakukan setelah seniman melakukan penularan seni kepada penari. Penularan seni bertujuan agar penari memperoleh ilmu sesuai dengan keterampilan yang di miliki oleh seniman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem rekrutmen penari wayang topeng dan sistem penularan tari wayang topeng di Sanggar Asmarabangun Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di sanggar Asmarabangun Jl. Prajurit Slamet Dusun Kedungmonggo Desa Karang Pandan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Narasumber dalam penelitian ini adalah Handoyo Saini dan penari wayang topeng. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data sajian data serta penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) sanggar Asmarabangun memiliki dua cara sistem rekrutmen yaitu (a)rekrutmen awal masuk sanggar Asmarabangun yang tidak memiliki syarat dan ketentuan karena seniman ingin mengajarkan kepada semua masyarakat Kedungmonggo khususnya anak-anak sebagai generasi muda agar bisa menarikan tari wayang topeng. Selain itu kondisi masyarakat Dusun Kedungmonggo yang mayoritas ekonominya menengah kebawah.(b) rekrutmen menjadi penari wayang topeng memiliki syarat dan ketentuan yaitu menghafal tarian dan menari sesuai teknik. Selain itu pengajar melihat penari dari kemampuan menari sifat atau karakter yang dimiliki oleh penari dan postur tubuh. (2) sistem penularan di sanggar Asmarabangun menggunakan sistem aprentisip saat menularkan seni tari wayang topeng Kedungmonggo hal ini ditinjau dari waktu dan tempat pembelajaran materi media metode pembelajaran dan proses pembelajaran. Saran yang diberikan penulis yaitu diharapkan dengan adanya penelitian ini masyarakat Kedungmonggo dapat mengetahui bahwa rekrutmen awal masuk sanggar Asmarabangun tidak menggunakan syarat dan ketentuan sehingga semua masyarakat dapat mengikuti pembelajaran tari wayang topeng Kedungmonggo dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan wayang topeng Kedungmonggo. Bagi penari sanggar Asmarabangun yang ingin menjadi penari wayang topeng Kedungmonggo diharapkan dapat memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pengajar yaitu memiliki kemampuan gerak karakter dan postur tubuh yang sesuai dengan tokoh wayang topeng . Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dan diteliti secara mendalam dengan menjadi partisipan di Sanggar Asmarabangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item View Item