Pembelajaran tematik tari kreasi baru melalui pendekatan Project Based Learning siswa kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Malang / Novita Febrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran tematik tari kreasi baru melalui pendekatan Project Based Learning siswa kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Malang / Novita Febrina

Febrina, Novita (2014) Pembelajaran tematik tari kreasi baru melalui pendekatan Project Based Learning siswa kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Malang / Novita Febrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febrina Novita. 2014. Pembelajaran Tematik Tari Kreasi Baru Melalui Pendekatan Project Based Learning Siswa Kelas VII Di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Tri Wahyuningtyas S. Pd M. Si. Kata Kunci pembelajaran tematik tari kreasi baru Project Based Learning. Pembelajaran tematik pada tari kreasi baru dengan menerapkan Project Based Learning terdapat beberapa tahap yang merupakan proses dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran tematik pada tari kreasi baru di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang menggunakan materi penciptaan karya gerak musik pola lantai setting rias dan busana. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (a) prosedur pembelajaran tematik dalam penciptaan tari kreasi baru yang menerapkan pendekatan Project Based Learning kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.(b) proses penciptaan karya gerak musik pola lantai setting dan busana tari kreasi baru pada kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. (c) hasil akhir penyajian karya kreasi baru pada pembelajaran seni budaya di kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi (pengamatan) interview (wawancara) dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari siswa kelas VII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dan guru seni budaya. Analisis data yang digunakan adalah deskriptor dengan menyatukan data yang berasal dari jenis-jenis instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menjadi kesatuan data yang akan bermakna menjadi kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) prosedur pembelajaran tematik dalam penciptaan tari kreasi baru yang menerapkan pendekatan Project Based Learning kelas VII D DI SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang yaitu aspek tematik yang terdiri dari aspek akademik mengetahui dan memahami materi pembelajaran aspek sikap kegemaran terhadap materi aspek keterampilan tulis siswa trampil dalam membuat sinopsis tari dengan mengkaitkan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan praktek siswa mengkaitkan mata pelajaran matematika dengan hitungan gerak aspek pemikiran penalaran pemikiran dalam proses penciptaan dan aspek kebiasaan disiplin dalam pengumpulan tugas tepat waktu.(2) proses penciptaan karya gerak musik pola lantai setting dan busana tari kreasi baru pada kelas VII D di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan mempersiapkan materi yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran tahap pelaksanaan proses penerapan materi dan tahap penilaian penilaian merupakan kegiatan akhir penyajian dan pengambilan nilai.(3) hasil akhir penyajian penciptaan karya kreasi baru pada mata pelajaran seni budaya di kelas VII D di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran penciptaan karya gerak musik pola lantai dan busana. Penyajian hasil karya penciptaan tari kreasi baru pada kelas VII D dan penilaian dari hasil praktek tersebut skor 85 yaitu kelompok gerak kelompok musik 80 kelompok setting 70 dan kelompok busana 70. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil-hasil tersebut diatas disarankan agar diadakan penelitian serupa tetapi dengan menggunakan pembelajaran yang lain dan pendekatan yang berbeda. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13580

Actions (login required)

View Item View Item