Penggunaan metode demonstrasi dan metode tutor sebaya pada pembelajaran tari sparkling di kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ferika Mandanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode demonstrasi dan metode tutor sebaya pada pembelajaran tari sparkling di kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ferika Mandanti

Mandanti, Ferika (2014) Penggunaan metode demonstrasi dan metode tutor sebaya pada pembelajaran tari sparkling di kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ferika Mandanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mandanti Ferika. 2014.Penggunaan Metode Demonstrasi dan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tari Sparkling Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (2) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci Demonstrasi Tutor Sebaya Seni Budaya Hasil belajar bidang studi Seni Tari pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas VIII SMP Negeri 4 Malang rendah. Siswa kurang antusias dan kurang bersemangat dalam belajar menari. Untuk itu guru sedang mencari metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran yang dieksplorasi guru adalah metode demonstrasi dan metode tutor sebaya. Terkait dengan hal tersebut penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan usaha guru dalam membandingkan kedua metode tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (a) Perbedaan hasil belajar pengetahuan antara metode demonstrasi dan metode tutor sebaya pada pembelajaran Tari Sparkling di SMP Negeri 4 Malang (b) Perbedaan hasil belajar keterampilan antara metode demonstrasi dan metode tutor sebaya pada pembelajaran Tari Sparkling di SMP Negeri 4 Malang dan (c) Perbedaan hasil belajar sikap antara metode demonstrasi dan metode tutor sebaya pada pembelajaran Tari Sparkling di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptor. Teknik menguji keabsahan sampel dalam penelitian ini menggunakan validasi instrumen. Instrumen yang digunakan meliputi observasi wawancara dan tes. Analisis ini menggunakan rata-rata atau mean dan frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi 86 85 lebih baik dibandingkan metode tutor sebaya 85 05 untuk hasil belajar pengetahuan. Hasil belajar keterampilan dengan menggunakan metode tutor sebaya 86 45 lebih baik daripada metode demonstrasi 86 25. Sementara itu untuk hasil belajar sikap ternyata metode demonstrasi 80 lebih baik daripada metode tutor sebaya 64 4. Berdasarkan hasil-hasil tersebut di atas disarankan agar diadakan penelitian serupa tetapi dengan menggunakan latar dan metode berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item