Pengkreasian tari dolanan menurut pendekatan scientific-creative pda kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar / Rochma Al Bestary - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengkreasian tari dolanan menurut pendekatan scientific-creative pda kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar / Rochma Al Bestary

Al Bestary, Rochma (2014) Pengkreasian tari dolanan menurut pendekatan scientific-creative pda kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar / Rochma Al Bestary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bestary Rochma Al. 2014. Pengkreasian Tari Dolanan Menurut Pendekatan Scientific-Creative Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd Pembimbing (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd Kata Kunci Pengkreasian Tari Dolanan Pendekatan Scientific-Creative Ekstrakurikuler Seni Tari Kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar meliputi imitasi tari dan pengkreasian tari dolanan. Imitasi tari berarti siswa meniru gerakan tari yang dilakukan oleh guru sedangkan pengkreasian tari dolanan yang dimaksud ialah mengajak siswa untuk menyusun sebuah tari. MIN Sumberjo merupakan satu-satunya madrasah di Kecamatan Sanankulon Blitar yang pada kegiatan ekstrakurikulernya mengadakan pengkreasian tari dolanan dengan menggunakan pendekatan scientific-creative. Pendekatan scientific-creative memiliki konsep belajar yang berorientasi pada proses sekaligus produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap perancangan tahap pelaksanaan dan tahap penilaian dalam pengkreasian tari dolanan menurut pendekatan scientific-creative pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar. Narasumber dalam penelitian ini ialah (1) Guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler seni tari (2) Siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Pada pengecekan keabsahan temuan menggunakan 2 teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) Tahap perencanaan pengkreasian tari dolanan menurut pendekatan scientific-creative pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar meliputi tujuan dan media yang digunakan. (2) Tahap pelaksanaan pengkreasian tari dolanan pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIN Sumberjo Sanankulon Blitar menggunakan pendekatan scientific-creative yaitu pendekatan dengan langkah pembelajaran observasi menanya mengeksplorasi mengkreasi mengkomunikasikan dan refleksi. Guru menggunakan rangsang auditif yaitu lagu Naik Becak yang bercerita mengenai kegiatan sehari-hari. Media yang digunakan adalah tape recorder. (3) Tahap penilaian meliputi teknik observasi dan penilaian diri sendiri yang menghasilkan perolehan skor maksimal. Saran yang diberikan penulis yaitu perlu diadakan penelitian sejenis namun menggunakan pendekatan penelitian yang berbeda (kuantitatif).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

View Item View Item