Hubungan manajemen pusat karir mahasiswa, jiwa kewirausahaan, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan minat berwirausaha terhadap perencanaan karir masa depan mahasiswa Universitas Negeri Malang / Maulana Amirul Adha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan manajemen pusat karir mahasiswa, jiwa kewirausahaan, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan minat berwirausaha terhadap perencanaan karir masa depan mahasiswa Universitas Negeri Malang / Maulana Amirul Adha

Adha, Maulana Amirul (2020) Hubungan manajemen pusat karir mahasiswa, jiwa kewirausahaan, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan minat berwirausaha terhadap perencanaan karir masa depan mahasiswa Universitas Negeri Malang / Maulana Amirul Adha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lailiyah Nur. 2020. Penyelenggaraan Kegiatan Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Al-Khodijah Kota Malang. Skripsi Jurusan PendidikanLuar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sucipto M.S (2) Edi Widianto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Penyelenggaraan Pembelajaran Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan satuan pendidikan nonformal (PNF) yang memberikan kesempatan belajar seumur hidup bagi masyarakat. Salah satu PKBM yang ada di Kota Malang yakni PKBM Al-Khodijah yang terletak di Desa Genengan Girimoyo Kecamatan Karang Ploso-Malang. Kondisi PKBM Al-Khodijah kurun waktu empat tahun terakhir mengalami perkembangan dari tingkat partisipasi warga belajar yang semakin meningkat setiap tahunnya. Di PKBM Al-Khodijah terdapat berbagai macam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran salah satunya pada program pendidikan kesetaraan paket C. Penyelenggaraan kegiatan pembelajaran merupakan proses transformasi ilmu pengetahuan (kognisi) proses perubahan sikap (afeksi) serta keterampilan (psikomotor) dari tutor kepada warga belajar/subjek dari pelaksanaan pembelajaran.Penyelenggaraan kegiatan pembelajaran berkesinambungan dengan adanya komponen pembelajaran. Komponen merupakan suatu sistem yang utuh dan saling mendukung satu sama lain. Adapun komponen tersebut meliputi tujuan pembelajaran warga belajar tutor bahan ajar/materi pelajaran/kurikulum pendekatan atau metode media atau alat sarana prasarana serta evaluasi pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran program pendidikan kesetaaran paket Cdi PK BM Al-Khodijah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari Ketua PKBM sekaligus tutor dua tutor dan tiga warga belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Data dianalaisis menggunakan reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan/ verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data (temuan) dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik.Hasil penelitian yang diperoleh adalah guna meningkatkan partisipasi serta minat belajar dari warga belajar tutor membangun situasi pembelajaran yang dinamis dan aktif melalui inovasi layanan konseling serta metode konseling dalam proses penyelenggaraan pembelajaran sehingga berdampak positif bagi hasil belajar program pendidikan kesetaraan paket C. Layanan konseling mampu membangun kedekatan emosional antara tutor dan warga belajar sedangkan metode konseling bisa membangun kedinamisan iklim belajar. Berdasarkan hasil penelitian inidapat disimpulkan kegiatan pembelajaran program pendidikan kesetararan paket C sesuai bagi warga belajar. Sehingga komponen pembelajaran satu dengan lainnya harus saling bersinergi utamanya antara tutor dan warga belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/135742

Actions (login required)

View Item View Item