Hubungan antara penggunaan Edmodo dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seni tari kelas X IPA 2 di SMA Negeri 8 Malang / Dea Zuhriah Ramdhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara penggunaan Edmodo dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seni tari kelas X IPA 2 di SMA Negeri 8 Malang / Dea Zuhriah Ramdhani

Ramdhani, Dea Zuhriah (2014) Hubungan antara penggunaan Edmodo dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seni tari kelas X IPA 2 di SMA Negeri 8 Malang / Dea Zuhriah Ramdhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramdhani Dea Zuhriah. 2014. Hubungan Antara Penggunaan Edmodo dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Tari Kelas X IPA 4 di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci Penggunaan Edmodo Motivasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Perkembangan teknologi secara tidak langsung dapat mempermudah proses belajar siswa. Karena dengan menggunakan teknologi yang sekarang utamanya akses internet dapat mempermudah siswa dalam mencari sumber-sumber belajar. Pendidikan seni tari tujuan pembelajarannya adalah pengembangan kreativitas peserta didik. Kurang berkembangnya kreativitas menjadi kendala dalam pembelajaran seni tari saat ini. Edmodo merupakan media jejaring sosial yang digunakan oleh guru dan siswa sebagai alat interaksi ataupun komunikasi. Edmodo merupakan elemen sosial yang menyerupai facebook. Penggunaan Edmodo dipilih sebagai sarana yang memudahkan antara guru dengan siswa meskipun dijalan atau dirumah tanpa membatasi ruang dan waktu. Berdasarkan hal itulah akan timbul motivasi yang mendalam pada proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan Edmodo dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran seni tari kelas X IPA 4 di SMA Negeri 8 Malang (2) mengetahui tujuan siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Malang dalam menggunakan Edmodo (3) mengetahui faktor yang memotivasi belajar siswa dalam pelajaran seni tari. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk menjawab tujuan penelitian nomor 2 dan 3 dan korelasional untuk menjawab tujuan penelitian nomor 1. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subjek penelitiannya berjumlah kurang dari 100 orang yaitu 34 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis uji korelasi dengan bantuan SPSS 19 0 for windows dengan taraf signifikansi 5%. 12288 12288 12288 12288 Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis uji korelasi diketahui hasil penelitian mengatakan bahwa (1) tujuan penggunaan Edmodo yang berasal dari dalam dan motivasi belajar yang berasal dari faktor intrinsik memiliki korelasi positif sebesar 0 750 (2) tujuan penggunaan Edmodo yang berasal dari luar dan motivasi belajar yang berasal dari faktor intrinsik memiliki korelasi positif sebesar 0 731 (3) tujuan penggunaan Edmodo yang berasal dari dalam dan motivasi belajar yang berasal dari faktor ekstrinsik memiliki korelasi positif sebesar 0 648 dan (4) tujuan penggunaan Edmodo yang berasal dari dalam dan motivasi belajar yang berasal dari faktor ekstrinsik memiliki korelasi positif sebesar 0 712. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan penulis adalah sebagai berikut (1) siswa diharapkan lebih sering menggunakan Edmodo pada pembelajaran seni tari karena Edmodo sangat berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang timbul karena adanya faktor intrisnik. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel tujuan penggunaan Edmodo yang berasal dari dalam memiliki nilai beta standar yang tinggi jika dibanding dengan tujuan penggunaan Edmodo yang berasal dari luar terhadap motivasi ekstrinsik (2) guru lebih meningkatkan penggunaan Edmodo dalam mata pelajaran seni tari karena dengan strategi yang baru dan menarik siswa akan termotivasi belajarnya. Misalnya dengan memberikan materi-materi lain yang lebih banyak yang berkaitan dengan seni tari sehingga menarik perhatian siswa untuk terus mengakses Edmodo. Namun guru harus lebih hati-hati dan tetap melakukan kontrol yang baik terhadap penggunaan Edmodo oleh siswa sehingga siswa tidak sampai menyalahgunakan untuk kepentingan-kepentingan yang tidak berhubungan dengan pelajaran sekolah (3) Peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini yaitu disarankan untuk menggunakan metode eksperimen yang nantinya akan membandingkan nilai ataupun hasil belajar antara sampel yang merupakan kelas eksperimen (menggunakan Edmodo) dengan sampel yang merupakan kelas kontrol (tidak menggunakan Edmodo). Sehingga dapat terlihat mana yang lebih besar motivasi belajarnya dari yang menggunakan Edmodo dengan yang tidak menggunakan. Atau menambah variabel lain tidak hanya terpaut pada pengaruh Edmodo terhadap motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item