Peningkatan keterampilan tari beskalan pada ekstrakurikuler melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 8 Malang / Vivin Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan tari beskalan pada ekstrakurikuler melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 8 Malang / Vivin Febriani

Febriani, Vivin (2014) Peningkatan keterampilan tari beskalan pada ekstrakurikuler melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 8 Malang / Vivin Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriani Vivin. 2014. Peningkatan Keterampilan Tari Beskalan pada Ekstrakurikuler Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sri Wardhani M.Pd (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd. Kata Kunci Peningkatan keterampilan ekstrakurikuler tari model pembelajaran tipe STAD. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang diketahui bahwa keterampilan menari siswa pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 8 Malang terbilang cukup rendah. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa yang tidak memenuhi SKM. Hanya 40% siswa yang mencapai katuntasan sedangkan 60% siswa tidak mencapai ketuntasan. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat dan kurang menarik. Selain itu siswa kurang serius dalam mengikuti kegiatan eksrakurikuler. Terlihat sebagian siswa sibuk sendiri ketika guru menjelaskan materi tari. Selain itu media yang digunakan kurang mendukung sehingga siswa merasa bosan ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Untuk meningkatkan keterampilan menari siswa pada penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menari pada kegiatan ekstrakurikuler dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tiap siklus meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi tes dan angket. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan oleh peneliti. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menari siswa mengalami peningkatan yang bisa dilihat dari hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 75 03 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81 5. Berdasarkan data yang diolah menggunakan rumus persentase diketahui hasil belajar siswa dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan yaitu dari pratindakan yang ketuntasan hasil belajar siswa 40% meningkat di siklus I menjadi 66 7% dan semakin meningkat di siklus II 86 7% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menari siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru kreatif dan inovatif menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai variasi model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menari siswa di SMP Negeri 8 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item