Pengembangan media puzzle tari Pendet untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran seni budaya di SMPN 20 Malang / Pugud Nopemsia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media puzzle tari Pendet untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran seni budaya di SMPN 20 Malang / Pugud Nopemsia

Nopemsia, Pugud (2014) Pengembangan media puzzle tari Pendet untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran seni budaya di SMPN 20 Malang / Pugud Nopemsia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nopemsia Pugud. 2014. Pengembangan Media Puzzle Tari Pendet Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMPN 20 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Hartono S.Sn M. Sn Kata Kunci Pose Tari Pendet Media Pembelajaran Motivasi Belajar. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan Seni Budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada Sekolah Menengah Pertama. Pembelajaran seni tari pada SMPN 20 Malang untuk siswa kelas IX menggunakan kurikulum KTSP tahun 2006 dengan standar kompetensi mengapresiasi karya seni tari dan kompetensi dasar mengidentifikasi jenis karya seni tari di Asia dan Nusantara. Motivasi untuk siswa pada saat sangat pembelajaran sangat penting dan untuk meningkatkan pembelajaran begitu juga model pembelajaran juga mempengaruhi hasil belajar pada siswa. Hasil observasi yang telah dilaksanakan pada SMPN 20 Malang dilihat dari model pembelajaran tersebut dengan adanya pengembangan media yang menarik bagi siswa untuk meningkatkan motivasi bagi siswa Dalam penyampaian materi guru menggunakan media LCD Oleh karena itu dikembangkanlah sebuah media puzzle yang menarik. Media puzzle dalam merangkai pose tari pendet pada pembelajaran seni tari dalam apresiasi tari Nusantara yaitu pada tari Bali. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran seni tari berupa media puzzle untuk pembelajaran pose pada tari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian prosedural yang mengadaptasi dari prosedur penelitian Brog Gall. Jenis data pengembangan ini adalah deskriptif. Subjek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas IX yang jumlahnya 36 di SMPN 20 Malang. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan uji validasi kepada Para ahli dan audiens. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi dari ahli media dan ahli materi juga audiens dengan menggunakan presentase. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan sebagai berikut (1) menurut ahli media diperoleh hasil skor data 77% Maka media ini dapat dikatagorikan valid (2) Berdasarkan ahli materi pembelajaran diperoleh skor data 80% maka media ini dapat dikatagorikan valid (3) dari uji coba kelompok 1 yang mengambil dari 12 anak perkelompok dalam 1 kelas presentase yang diperoleh adalah 100% dengan kriteria sangat valid (4) berdasarkan uji coba kelompok 2 presentase yang diperoleh adalah 90% dengan kriteria sangat valid (5) berdasarkan uji coba kelompok 3 presentase yang diperoleh adalah 84% dengan kreteria valid. Sehingga secara keseluruan media tersebut dapat digunakan dalam proses belajar dikelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran seni tari berupa media puzzle yang telah dikembangkan oleh penulis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses pembelajaran memberikan dampak terjadinya peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item