Studi tentang pembelajaran tari Cempe pada kegiatan ekstrakurikuler di SDN Banjarejo 1 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang / Dhirgan Grudhowaringin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pembelajaran tari Cempe pada kegiatan ekstrakurikuler di SDN Banjarejo 1 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang / Dhirgan Grudhowaringin

Grudhowaringin, Dhirgan (2014) Studi tentang pembelajaran tari Cempe pada kegiatan ekstrakurikuler di SDN Banjarejo 1 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang / Dhirgan Grudhowaringin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Grudhowaringin Dhirgan. 2013. Studi Tentang Pembelajaran Tari Cempe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SDN Banjarejo I Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (2) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Tari Cempe Ekstrakurikuler SD. Pembelajaran seni tari di Sekolah Dasar mempunyai fungsi membantu pertumbuhan dan perkembangan siswa memberikan perkembangan estetik dan membantu penyempurnaan kehidupan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tari tersebut SDN Banjarejo I mengadakan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dengan materi tari Cempe. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran tari Cempe pada kegiatan ekstrakurikuler di SDN Banjarejo I. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tari Cempe pada kegiatan ekstrakurikuler di SDN Banjarejo I. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SDN Banjarejo I Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler seni tari. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi waktu dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Cempe merupakan karya tari untuk kategori anak-anak yang menceritakan tentang kehidupan cempe (anak kambing). Penelitian ini mendeskripsikan tentang 1) Proses pembelajaran tari Cempe meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan oleh guru yakni menyusun program kegiatan menentukan materi ajar dan menentukan waktu pelaksanaan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan metode demonstrasi menggunakan media dan melakukan usaha pengelolaan kelas. Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran guru melakukan penilaian sesuai dengan kriteria penilaian dalam tari untuk anak-anak yakni hafalan dan ekspresi ketepatan irama serta bentuk dan teknik gerak. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran tari Cempe yakni guru memiliki ketrampilan mengajar siswa memiliki minat yang tinggi dan peran sekolah yang sangat mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran yakni ruang latihan yang kurang memadai. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada 1) Kepala sekolah agar dapat memberikan dukungan berupa kelengkapan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran tari Cempe. 2) Guru agar lebih memahami kendala-kendala dalam proses pembelajaran tari Cempe dan menjadikan sebagai evaluasi untuk pembelajaran selanjutnya. 3) Mahasiswa PSTM agar melakukan penelitian pembelajaran ekstrakurikuler dengan materi tari yang lain atau jenjang yang lebih tinggi misalnya SMP dan SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item View Item