Strategi pembelajaran seni tari bagi anak tuna rungu kelas VIII di SMPLB-B-YPTB Malang / Danar Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran seni tari bagi anak tuna rungu kelas VIII di SMPLB-B-YPTB Malang / Danar Utari

Utari, Danar (2014) Strategi pembelajaran seni tari bagi anak tuna rungu kelas VIII di SMPLB-B-YPTB Malang / Danar Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utari Danar. 2013. Strategi Pembelajaran Seni Tari Bagi Anak Tuna Rungu Kelas VIII di SMPLB-B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin DP M.Pd (II) Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd. Kata kunci Strategi Tari Tuna Rungu dan SMPLB-B YPTB Malang. 12288 12288 12288 12288 Setiap anak mempunyai hak dan kewajiban dalam memperoleh pendidikan khususnya dalam pendidikan seni tari. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan tari pada anak tuna rungu berbeda dengan anak normal pada umumnya.. Selain itu strategi pembelajaran tari juga berbeda yaitu pada anak tuna rungu menggunakan strategi pembelajaran berupa alat musik dan kode isyarat. Metode dan media pembelajaran pada anak tuna rungu tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan mobilitas anak tuna rungu SMPLB-B YPTB Malang dalam belajar menari. Penelitian ini berlokasi di SMPLB-B YPTB Malang karena merupakan satu-satunya sekolah yang mengajarkan tari sebagai mata pelajaran intrakurikuler. Pembelajaran seni tari meliputi pada perencanaan pelaksanaan metode dan media serta evaluasi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) perencanaan pembelajaran di SMPLB-B YPTB Malang 2) pelaksanaan pembelajaran di SMPLB-B YPTB Malang 3) metode dan media pembelajaran di SMPLB-B YPTB Malang 4) evaluasi pembelajaran di SMPLB-B YPTB Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak tuna rungu kelas VIII. Lokasi penelitian di SMPLB-B YPTB Malang. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif Miles and Huberman dengan tahapan mereduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan metode. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran seni tari kelas VIII di SMPLB-B YPTB Malang mencakup komponen-komponen yaitu tujuan pembelajaran bahan atau materi pembelajaran metode dan media pembelajaran sumber belajar serta penilaian hasil belajar atau evaluasi yang disesuaikan dengan tingkat kelainan anak 2) Pelaksanaan proses pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kelainan anak dengan cara guru menggunakan pendekatan individu dan kelompok untuk menangani siswa yang bermasalah dalam pembelajaran seni tari dalam kondisi ruang yang baik dan memadai 3) metode kode isyarat dan media alat musik sangat efektif dalam penbelajaran seni tari khususnya bagi anak tuna rungu 4) Evaluasi hasil belajar meliputi evaluasi proses dan hasil dimana evaluasi proses dilihat dari keaktifan kehadiran siswa dan evaluasi hasil berdasarkan unjuk kerja atau praktek tari siswa dalam menari 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut mengenai strategi pembelajaran pada mata pelajaran seni tari maupun mata pelajaran yang lain dimana strategi yang digunakan dalam pembelajaran meliputi perencanaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Untuk perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pada anak tuna rungu berbeda dengan anak pada umumnya karena pada anak tuna rungu disesuaikan dengan tingkat kelainan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

View Item View Item