Pelaksanaan tari tematik sebagai motivasi belajar anak di Taman Kanak-kanak Bima Putra Kelurahan Lowokwaru Malang / Nindya Sarita Rahadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan tari tematik sebagai motivasi belajar anak di Taman Kanak-kanak Bima Putra Kelurahan Lowokwaru Malang / Nindya Sarita Rahadi

Rahadi, Nindya Sarita (2014) Pelaksanaan tari tematik sebagai motivasi belajar anak di Taman Kanak-kanak Bima Putra Kelurahan Lowokwaru Malang / Nindya Sarita Rahadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahadi Sarita Nindya. 2013. Pelaksanaan Tari Tematik Sebagai Motivasi Belajar Anak Di Taman Kanak-kanak Bima Putra Kelurahan Lowokwaru Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ida Siti Herawati M. Pd (2) Drs. Supriyono. Kata kunci Tari Tematik Motivasi Belajar Anak Pendidikan di Taman Kanak-kanak pada prinsipnya ditujukan agar dapat memfasilitasi perkembangan anak secara menyeluruh. Pelaksanaan pembelajaran tari tematik di TK Bima Putra adalah pembelajaran tari yang memiliki tema alam atau tema lingkungan sekitar dengan irama musik lagu anak-anak. Pelaksanaan tari tematik ini dimaksudkan untuk menarik minat siswa supaya mau bergerak dan berolah tubuh sehingga diperoleh kesehatan jasmani dan rohaninya serta meningkatkan kemampuan berkesenian. Tari bagi anak- anak sangatlah perlu walaupun kadang hanya untuk kesenangan saja dan bila dikehendaki akan mudah sekali merangsang kreatifitas dan menimbulkan motivasi belajar anak serta dapat juga merangsang saraf motorik anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) Metode pembelajaran tari tematik (2) Langkah-langkah pembelajaran tari tematik dan (3) Bentuk penampilan gerak tari tematik pada anak di Taman Kanak-kanak Bima Putra Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan studi dokumen yang dilakukan oleh peneliti. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Taman Kanak-Kanak Bima Putra Kelurahan Lowokwaru Malang dengan sumber data para guru pengajar dan para siswanya. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Dalam tahapan penelitian terdiri dari tahap persiapan penyusunan rancangan penelitian pelaksanaan penelitian dan penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tari tematik di TK Bima Putra Malang adalah dengan menggunakan metode bercerita dan metode demonstrasi imitatif. Langkah-langkah pembelajaran tari tematik di TK Bima Putra Malang telah dilakukan oleh guru pengajar dengan baik yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran tari tematik mulai dari kegiatan awal (awal pelajaran) kegiatan inti (inti pelajaran) hingga kegiatan akhir (akhir pelajaran). Bentuk penampilan gerak tari tematik pada anak di TK Bima Putra Malang sudah sesuai terlihat pada ragam geraknya yang sederhana sesuai dengan kemampuan anak TK tempo atau irama lagunya sedang dan pemilihan syair lagu yang sudah sesuai dengan kebutuhan anak TK yaitu disusun dengan bahasa sederhana banyak pengulangan dan mudah diucapkan. Guru pengajar diharapkan lebih termotivasi inovatif kreatif serta selektif dalam pemilihan tema materi pembelajaran dan perlu adanya sarana pembelajaran penunjang lain seperti pemutaran video sehingga pembelajaran tari tidak hanya cukup dengan menggunakan media yang terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item