Ieda, Ulfa Nurul (2013) Meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari materi ekspresi melalui metode tutor sebaya di kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang / Ulfa Nurul Ieda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurul Ieda Ulfa. 2013. Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Materi Ekspresi Melalui Metode Tutor Sebaya di Kelas VIII-G SMPN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci Pembelajaran seni tari metode tutor sebaya meningkatkan kerjasama hasil belajar materi ekspresi. Penerapan metode pembelajaran yang belum dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni tari materi ekspresi merupakan salah satu masalah yang terjadi di kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang. Untuk itu perlu adanya upaya mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kerjasama siswa setelah penerapan metode Tutor Sebaya pada mata pelajaran seni tari materi ekspresi pada siswa kelas VIII-G di SMP Negeri 7 Malang (2) peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode Tutor Sebaya pada mata pelajaran seni tari materi ekspresi pada siswa kelas VIII-G di SMP Negeri 7 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Pelaksanaan PTK meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi angket tes dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan oleh peneliti yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran seni tari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama dan hasil belajar mengalami peningkatan setelah menggunakan metode Tutor Sebaya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah ketercapaian kerjasama siswa pada siklus I dengan skor 81 97 dan meningkat pada siklus II dengan skor 89 1. Sedangkan nilai hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata tes akhir setiap siklus yaitu siklus I nilai rata-ratanya 77 8 dan siklus II nilai rata-ratanya 84 3. Selisih nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 10 37 dan dari pra tindakan ke siklus II sebesar 16 87. Berdasarkan data yang diolah menggunakan rumus persentase peningkatan diketahui peningkatan hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I sebesar 15 38% dan dari pra tindakan ke siklus II sebesar 20 02%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada materi ekspresi seni tari. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode Tutor Sebaya sebagai variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Meskipun dilaksanakan di satu kelas tetapi sebagai alternatif metode pembelajaran Tutor Sebaya bisa digunakan untuk pembelajaran seni tari utamanya tari tradisional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |