Veronica, Amanda Ayu (2013) Peningkatan kemampuan teknik dasar tari glipang dalam kegiatan ekstrakurikuler tari menggunakan metode drill terbimbing di SMAN 1 Paiton Kabupaten Probolinggo / Amanda Ayu Veronica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Veronica Amanda Ayu. 2013. Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Tari Glipang dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Menggunakan Metode Drill Terbimbing di SMAN 1 Paiton Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardani M.Pd. (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci kemampuan teknik dasar tari tari Glipang ekstrakurikuler metode drill terbimbing SMA. Hasil observasi awal pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMAN 1 Paiton banyak siswa yang kurang bersemangat sehingga saat diminta menarikan tari Glipang hasilnya kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang tepat. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian tindakan mengenai teknik dasar tari Glipang dengan menggunakan metode drill terbimbing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menarikan tari Glipang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler tari melalui metode drill terbimbing yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar tari Glipang terhadap siswa di SMAN 1 Paiton dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran ekstrakurikuler tari dengan menggunakan metode drill terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar tari Glipang pada siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMAN 1 Paiton. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan penelitian pada siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari di SMAN I Paiton dengan jumlah siswa 13 siswa. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi angket tes dan dokumentasi dan analisis secara deskriptif menggunakan presentase (%). Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler tari dengan menggunakan metode drill terbimbing diterapkan menggunakan strategi pembelajaran terpadu. Strategi pembelajaran terpadu bukan sebagai metode utama namun hanya sebagai sarana dari penerapan metode drill terbimbing agar siswa tidak terlalu jenuh dengan pemberian materi materi secara terus menerus. Setelah siswa dibimbing untuk memahami dan menguasai teknik dasar tari Glipang dan secara bertahap siswa diminta untuk menampilkan hasil yang telah dicapai. Hasil dari analisis data tes Tari Glipang pada siklus pertama 73.5% yang telah menguasai teknik dasar tari Glipang dengan baik dan hasil tes pada siklus berikutnya meningkat menjadi 81.4% siswa yang telah menguasai teknik dasar tari Gilpang dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan teknik dasar tari Gilpang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari di SMAN I Paiton dapat ditingkatkan melalui penerapan metode drill terbimbing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |