Kesenian Tiban di Desa Wajak Kidul Tulungagung (Tinjauan asal dan fungsi) / Reka Ayu Pramidhita - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesenian Tiban di Desa Wajak Kidul Tulungagung (Tinjauan asal dan fungsi) / Reka Ayu Pramidhita

Pramidhita, Reka Ayu (2013) Kesenian Tiban di Desa Wajak Kidul Tulungagung (Tinjauan asal dan fungsi) / Reka Ayu Pramidhita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramidhita Reka Ayu. 2013. Kesenian Tiban di Desa Wajak Kidul Tulungagung (Tinjauan Asal dan Fungsi). Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. E.W Suprihatin Dyah P. M.Pd Pembimbing (II) Tutut Pristiati S.Sn Kata Kunci Asal Fungsi Kesenian Tiban Tulungagung Kesenian Tiban merupakan kesenian yang muncul di Desa Wajak Kidul Tulungagung. Kesenian Tiban merupakan suatu bentuk tarian dengan permainan adu kekuatan daya tahan tubuh dengan menggunakan cambuk yang terbuat dari lidi daun aren dan diiringi dengan alunan gamelan jawa. Namun sekarang terjadi perbedaan baik bentuk maupun fungsi pada segi pra acara gerak musik busana dan juga tempat pelaksanaannya. Yang menunjukkan adanya pergeseran fungsi Tiban dari sarana ritual menjadi sarana pertunjukan dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) awal mula terciptanya Kesenian Tiban 2) fungsi Kesenian Tiban dan 3) faktor yang berpengaruh terhadap pergeseran fungsi Kesenian Tiban di Desa Wajak Kidul Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Narasumber dalam penelitian ini adalah Jarni Romelan Suryadi Muhadi Yamsri Arif dan Sri Wahyuni. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) awal mula munculnya Kesenian Tiban di Desa Wajak Kidul Tulungagung yaitu pada masa pemerintahan Tumenggung Surontani. Menggunakan properti berupa cambuk dari lidi daun aren dan bertujuan untuk mendatangkan hujan. (2) Fungsi Kesenian Tiban pada awal sebagai sarana ritual dan perkembangannya sebagai sarana pertunjukan dan media pembelajaran di SDN Wajak Kidul. Pergeseran fungsi tampak pada bagian pra acara gerak musik kostum dan tempat. (3) Faktor yang berpengaruh terhadap pergeseran fungsi Kesenian Tiban yaitu faktor internal dari pemain dan faktor eksternal dari alam dan masyarakat. Beberapa saran yang diberikan oleh penulis bagi masyarakat Desa Wajak Kidul dan Pemerintah Daerah untuk lebih meningkatkan kembali upaya melestarikan dan mengembangkan Kesenian Tiban yang mereka miliki tanpa meninggalkan pakem tradisi yang sudah ada. Dan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13550

Actions (login required)

View Item View Item