Strategi guru dalam pembelajaran apresiasi dan ekspresi pada mata pelajaran seni budaya bidang studi seni tari di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk / Agustina Catur Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru dalam pembelajaran apresiasi dan ekspresi pada mata pelajaran seni budaya bidang studi seni tari di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk / Agustina Catur Pratiwi

Pratiwi, Agustina Catur (2013) Strategi guru dalam pembelajaran apresiasi dan ekspresi pada mata pelajaran seni budaya bidang studi seni tari di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk / Agustina Catur Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi Agustina Catur. 2013. Strategi Guru Dalam Pembelajaran Apresiasi dan Ekspresi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Studi Seni Tari Di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (II)Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si Kata Kunci strategi pembelajaran apresiasi dan ekspresi bidang studi seni tari Berdasarkan analisis awal di SMA Negeri 1 Kertosono prestasi yang diperoleh pada bidang studi seni tari membanggakan terbukti dengan diraihnya juara pada setiap festival tari tingkat kabupaten maupun propinsi. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru menggunakan metode yang disesuaikan dengan situas i dan kondisi siswa. interaksi antara guru dan siswa terjalin dengan komunikatif. Siswa antusias memperhatikan arahan guru. Karena keberhasilan guru dalam pembelajaran tersebut maka peneliti ingin meneliti strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran apresiasi dan ekspresi seni tari. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran apresiasi seni tari di SMA Negeri 1 Kertosono dan (2) mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspresi seni tari di SMA Negeri 1 Kertosono. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berupa hasil wawancara hasil observasi dan perangkat pembelajaran dari guru seni tari. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kertosono. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung wawancara dan studi dokumen. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi catatan lapangan lembar wawancara. Sumber data guru seni tari. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan trianggulasi data model analisis content. Kegiatan analisa data dimulai dari reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian yang pertama guru menerapkan strategi Contextual Teaching Learning (CTL) pada pembelajaran apresiasi mengarah pada model akademik dengan materi tari nusantara multi metode interaksi multiarah serta menggunakan media pandang dan dengar. Kedua pada materi ekspresi guru menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL) yang lebih mengarah ke model progresif. Materi ekspresi yang diajarkan berkarya tari berdasarkan pada tarian nusantara menggunakan multi metode interaksi multi arah dan media dengar. Strategi yang diterapkan guru telah menghantar SMA Negeri 1 Kertosono berprestasi di bidang seni tari. Hal itu dikarenakan guru dengan terampil menerapkan ketrampilan dasar mengajar didalam proses pembelajaran apresiasi maupun ekspresi seni tari. Saran yang diberikan hendaknya guru mempertahankan strategi pembelajaran yang diterapkan agar dapat mempertahankan bahkan memperoleh prestasi yang lebih lagi di bidang seni tari. Penggunaan multi metode lebih ditingkatkan agar hasil belajar maksimal dan prestasi meningkat. Pada guru seni tari di kabupaten Nganjuk disarankan untuk banyak belajar pada guru seni tari SMAN 1 Kertosono agar mengusai ketrampilan mengajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13548

Actions (login required)

View Item View Item