Suryaningrum, Dina Agustiani (2013) Pelaksanaan strategi pembelajaran seni tari kompetensi ekspresi (berkarya tari) kelas XI di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun / Dina Agustiani Suryaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suryaningrum Dina Agustiani. 2013. Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Seni Tari Kompetensi Ekspresi (Berkarya Tari) Kelas XI Di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hariyanto M.Hum (2) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si Kata-kata kunci Strategi pembelajaran seni tari kompetensi ekspresi berkarya tari SMA Negeri 1 Geger merupakan SMA yang berada di Kabupaten Madiun yang menerapkan program Adiwiyata Mandiri atau sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dan menerapkan pelajaran intrakulikuler seni tari sehingga dalam pembuatan perangkat pembelajaran harus terintegrasi dengan lingkungan hidup seperti yang terdapat pada pelajaran seni tari kompetensi ekspresi. Kegiatan pembelajaran seni tari kompetensi ekspresi bertujuan untuk membina pengalaman estetik siswa hubunganya dalam mempertunjukkan karya seni tari kelompok dan kreasi orang lain di sekolah sesuai dengan tema lingkungan hidup. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi pengorganisasian pembelajaran seni tari kompetensi ekspresi (berkarya tari) kelas XI SMA Negeri 1 Geger 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi penyampaian pembelajaran seni tari kompetensi ekspresi (berkarya tari) kelas XI di SMA Negeri 1 Geger 3) Pelaksanaan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Geger. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data serta kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara trianggulasi teknik dan sumber. Tahap-tahap penelitian yang di gunakan yaitu tahap persiapan tahap penyusunan rancangan penelitian tahap pelaksanaan peneliti dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan strategi pengorganisasian pembelajaran seni tari dibuat secara tertulis berupa perangkat pembelajaran seperti Prota Promes Silabus dan RPP 2) Pelaksanaan Strategi penyampaian pembelajaran juga sudah berjalan dengan baik sesuai dan guru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran seni tari mulai dari kegiatan awal kegiatan inti hingga kegiatan akhir. Adapun materi mengarah ke tari Nusantara (Jawa Timur) yang terintegrasi dengan lingkungan hidup penggunaan metode meliputi eksplorasi tutor sebaya ceramah diskusi demonstrasi praktek dan penugasan media menggunakan laptop 3) Pelaksanaan evaluasi pada pembelajaran sasaran penilaiannya meliputi psikomotor dan afektif serta menggunakan jenis evaluasi presentasi kerja kelompok dengan cara mengamati siswa untuk mempermudah penilaian individu atau pun praktek ekspresi kelompok evaluasi dilakukan dengan empat tahap yaitu (a) nilai proses atau evaluasi harian (b) nilai ulangan harian (c) penilaian UTS dan (d) penilaian UAS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1) Diadakan penelitian lanjutan mengenai strategi pembelajaran seni tari kompetensi ekspresi berkarya tari 2) Bagi guru seni tari diharapkan merancang dengan baik pengorganisasian pembelajaran yang nantinya dapat dijadikan pegangan dan reflektor dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya 3) Bagi sekolah diharapkan membenahi media yang ada guna untuk mendukung proses pembelajaran berkarya seni tari agar pembelajaran berkarya tari ini dapat menjadi panutan bagi seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Madiun 4) Bagi mahasiswa seni tari Universitas Negeri Malang dengan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |