Pengembangan media pembelajaran busana tari melalui boneka Barbie pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk Sekolah Dasar kelas IV / Woro Werdina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran busana tari melalui boneka Barbie pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk Sekolah Dasar kelas IV / Woro Werdina

Werdina, Woro (2013) Pengembangan media pembelajaran busana tari melalui boneka Barbie pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk Sekolah Dasar kelas IV / Woro Werdina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci boneka barbie busana tari Nusantara Dalam pembelajaran seni tari dibutuhkan alternatif media pembelajaran sebagai pengganti media yang nyata agar lebih praktis. Kondisi di lapangan menggambarkan bahwa media pembelajaran tari yang digunakan sangat jarang membantu anak memahami materi. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan. Salah satu media yang sesuai adalah berupa media pembelajaran boneka barbie yang menarik praktis dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran busana tari melalui boneka barbie pada mata pelajaran Seni Budaya Dan Ketrampilan untuk Sekolah Dasar kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berupa pengembangan media pembelajaran busana tari melalui boneka barbie. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan modifikasi Borg dan Gall. Penelitian dan pengembangan mencakup (1) analisis kebutuhan (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) konsultasi ahli (5) pengembangan produk (6) uji validasi ahli (7) revisi produk (8) uji validasi kelompok kecil (9) revisi produk final II (10) hasil akhir produk. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 2 dosen ahli media yaitu dosen Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik dan dosen Program Studi Seni Rupa 2 ahli materi yaitu dosen Jurusan Seni dan Desain dan dosen PGSD serta 15 siswa SDN Purwosekar 2 Malang dengan dibagi 3 kelompok. Teknik analisis data menggunakan skala likert milik Widyoko (2012) dengan membagi anatara jumlah skor ddengan jumlah responden sehingga menghasilkan rerata skor. Hasil penelitian membuktikan bahwa media yang dikembangkan masuk kategori layak . Penulis menggunakan rumus milik Widyoko dengan interpretasi keberhasilan menggunakan rerata skor. Hasil yang diperoleh dari analisis data dijabarkan sebagai berikut penilaian pada hasil uji coba ahli media mendapat skor 3 7 dari hasil uji coba terhadap ahli materi mendapat skor 3 6 uji kelompok kecil yang dilakukan di SDN Purwosekar 2 Malang mendapat skor 3 5. Rata-rata dari keseluruhan uji coba sebanyak 3 6 dengan kategori layak . Revisi sebagian besar didapat pada Tari Jaipong yaitu pada bagian aksesoris dan baju untuk Tari Pendet pada bagian aksesoris bokor dan Tari Saman tidak ada revisi. Berdasarkan produk media yang telah dikembangkan disarankan untuk pengembang selanjutnya agar memunculkan tari Nusantara lainnya sehingga dapat menambah media pembelajaran menjadi lebih bervariatif serta dapat mengangkat kebudayaan Nusantara khususnya seni tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item