Peningkatan kualitas keterampilan menari dan minat belajar tari siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Malang dengan menggunakan metode mencontoh dan metode drill / Defi Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas keterampilan menari dan minat belajar tari siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Malang dengan menggunakan metode mencontoh dan metode drill / Defi Anggraeni

Anggraeni, Defi (2013) Peningkatan kualitas keterampilan menari dan minat belajar tari siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Malang dengan menggunakan metode mencontoh dan metode drill / Defi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan Menari Minat Mencontoh Drill Seni Budaya Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran Seni Budaya kelas VII-C di SMP Negeri 1 Malang diketahui bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Seni Budaya bidang studi Seni Tari rendah. Hal ini terlihat dari kurang antusias dan kurang bersemangat dalam melakukan praktik menari serta hasil belajar siswa yang sebagian besar masih banyak yang di bawah SKM. Untuk memecahkan masalah tersebut maka akan diterapkan Metode Mencontoh dan Metode Drill pada mata pelajaran Seni Budaya bidang studi Seni Tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (a) penerapan Metode Mencontoh dan Metode Drill dalam pembelajaran Seni Budaya bidang studi Seni Tari kelas VII-C SMP Negeri 1 Malang (b) peningkatan minat belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Malang melalui penerapan Metode Mencontoh dan Metode Drill dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang studi Seni Tari. Penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK pada penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada tiap siklus mengacu pada prosedur penelitian oleh Mulyasa meliputi empat tahap yaitu (1) planning (2) acting (3) observing dan (4) reflecting. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Data dalam penelitian akan dianalisis secara kualitatif yang meliputi 4 tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi (4) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui siklus I dan siklus II 75 8 % hasil ketuntasan belajar siswa dengan penerapan Metode Mencontoh dan Metode Drill dalam pembelajaran Seni Tari dapat meningkatkan kualitas keterampilan menari. Berdasarkan hasil angket setelah diterapkannya Metode Mencontoh dan Metode Drill 80% minat belajar siswamelalui penerapan Metode Mencontoh dan Metode Drill dalam mempelajari ragam gerak tari tradisi meningkat. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi Guru Seni Budaya khususnya guru Seni Tari SMP dapat menjadikan Metode Mencontoh dan Metode Drill sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran tari tradisional (2) Bagi Guru Seni Tari di SMP Negeri 1 Malang dapat menggunakan Metode Mencontoh dan Metode Drill sebagai referensi metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas keterampilan menari dan minat belajar siswa dalam bidang studi Seni Tari (3) Bagi siswa dapat menjadikan motivasi belajar untuk mendapat hasil belajar yang maksimal (4) Bagi mahasiswa pendidikan Seni Tari dan Musik dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang Penelitian Tindakan Kelas dalam penyelesaian tugas akhir (5) Bagi Universitas Negeri Malang Digunakan sebagai bahan referensi tentang pemilihan Metode Pembelajaran yang tepat sesuai dengan Kompetensi Dasar yang dipakai (6) Bagi peneliti lain diharapkan untuk melakukan penelitian lanjutan terhadap peningkatan kualitas belajar dengan temuan lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item View Item