Pengembangan buku cerita bergambar pengenalan cipta kreativitas tari bertema di SD kelas III / Gandes Nurseto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita bergambar pengenalan cipta kreativitas tari bertema di SD kelas III / Gandes Nurseto

Nurseto, Gandes (2013) Pengembangan buku cerita bergambar pengenalan cipta kreativitas tari bertema di SD kelas III / Gandes Nurseto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan buku cerita bergambar cipta kreativitas tari tari bertema Keterbatasan media buku yang digunakan serta lemahnya daya baca pada anak merupakan hal yang menyebabkan kurang minatnya siswa belajar seni tari. Dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni tari seharusnya diperlukan media buku yang sesuai dengan karakter anak dengan pengemasan berupa cerita bergambar agar siswa lebih tertarik belajar tanpa harus merasa belajar dan membaca buku. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk yang berupa buku cerita bergambar pengenalan cipta kreativitas tari bertema yang isinya sederhana bergambar orisinil lain dari pada yang lain indah serta mudah dipelajari oleh siswa sekolah dasar kelas III. Prosedur penelitian pengembangan ini mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Buku cerita bergambar tersebut dikembangkan melalui tahapan- tahapan studi pendahuluan merencanakan penelitian pengembangan desain uji coba produk/ uji lapangan produk akhir. Subjek coba pada penelitian ini adalah 1 dosen ahli media 1 ahli materi 1 ahli bahasa dan uji coba kelompok kecil dilakukan pada 10 siswa kelas III SDN Kendalrejo 01 Blitar. Data dikumpulkan melalui angket skala linkert dengan menggunakan format penilaian uji coba ahli dan uji coba kelomok kecil. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku cerita bergambar pengenalan cipta kreativitas tari bertema di SD kelas III dengan judul buku Pengenalan Cipta Kreativitas tari Bertema yang mengangkat tema berlibur ke desa dan kebun binatang Buku ini dicetak pada kertas A3 Laminasi Glosy dengan 25 halaman. Jenis huruf yang digunakan Comic Sans dengan ukuran huruf 12pt. Berdasarkan validasi produk oleh ahli media skor 3 06 baik/ tidak revisi ahli materi 2 60 Cukup/ Revisi dan ahli bahasa 3 30 baik/ tidak revisi menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan cukup. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sangat menarik dan baik sehingga secara konseptual layak digunakan di sekolah. Saran penggunaan sebagai berikut (1) bagi siswa sebaiknya menggunakan buku penunjang ini sebagai pendamping dalam mengikuti pembelajaran praktik seni tari (2) bagi guru SD dapat digunakan sebagai acuan pembelajaran ekspresi seni tari dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item View Item